Keringat Bisa Berlebih Karena Banyak Minum Kopi? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Keringat Bisa Berlebih Karena Banyak Minum Kopi?
Gading Perkasa | Sex & Health

Pada dasarnya, pria lebih banyak mengeluarkan keringat berlebih dibandingkan wanita saat menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk berolahraga. Hanya saja hal itu membuat kita tidak nyaman.

Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Pakaian jadi basah, kulit lengket bahkan menyebabkan bau badan. Namun ada cara mudah mencegah keringat berlebih walau kurang menyenangkan bagi pria, yaitu mengurangi asupan kopi.

Seperti dilansir dari Express, sedikit minum kopi dapat menghindarkan pria dari keringat berlebih. Kopi tidak dianjurkan sebagai konsumsi harian di negara beriklim tropis karena kandungan kafein di dalamnya.

Minuman pekat tersebut dapat merangsang kelenjar adrenal, mengakibatkan telapak tangan, kaki dan ketiak berkeringat lebih banyak.

Saat kafein masuk ke dalam tubuh, sistem saraf pusat mulai terangsang dan menyebabkan perubahan. Peminum kopi akan menjadi lebih aktif, sehingga emosi meningkat dan membuatnya terjaga.

Dalam laman resmi SweatBlock, perusahaan pembuat antiperspirant atau produk untuk mengurangi keringat, kopi bisa memicu munculnya keringat yang berbeda dari biasanya.

Bahkan, kopi juga akan meningkatkan suhu tubuh bagian dalam. Berdasarkan laporan laman tersebut, secangkir kopi di pagi hari memang ampuh menambah energi. Namun semakin besar energi, maka semakin banyak pula keringat yang diproduksi tubuh.

Oleh karena itu, peminum kopi rentan bermasalah dengan keringat. Produksi keringat berlebih biasanya terjadi di seluruh tubuh atau bagian tubuh tertentu.

Merupakan hal yang wajar tubuh berkeringat saat cuaca panas atau berolahraga. Tapi, jika suhu udara normal dan tubuh mengeluarkan keringat, ini menjadi pertanda bahwa Anda butuh perawatan kesehatan dan berhenti minum kopi secara perlahan-lahan.

Banyaknya keringat yang diproduksi bisa terjadi tanpa alasan jelas atau kondisi lain akibat efek samping obat-obatan yang dikonsumsi.

Supaya Anda tidak bermandikan peluh, Anda harus melindungi tubuh dengan jaket waktu terpapar sinar matahari atau lingkungan yang panas. Bila memungkinkan, cari tempat sejuk agar menurunkan suhu internal tubuh.

Cara lain menghindari keringat adalah tidak mengonsumsi makanan berlemak dan kalori tinggi, apalagi dibarengi kopi. Semua itu akan bikin tubuh merasa gerah, terlepas dari seberapa nikmat asupan tersebut.

Perpaduan kalori, lemak dan kafein membuat tubuh bekerja dua kali lebih keras untuk mencernanya. Jangan coba-coba Anda menemui wanita dalam kondisi seperti itu, kecuali Anda mau ia kabur begitu saja. [GP]

SHARE