Dampak Buruk Pemakaian Auto Like di Instagram - Male Indonesia
Dampak Buruk Pemakaian Auto Like di Instagram
Gading Perkasa | Digital Life

Media sosial seperti Instagram seringkali dimanfaatkan orang sebagai ajang untuk meningkatkan popularitas, salah satu caranya yakni menggunakan auto like. Jasa ini banyak ditawarkan oleh akun Instagram atau aplikasi tambahan dengan variasi biaya.

pixabay

Jasa tersebut memang terbukti sukses mendongkrak jumlah like di sebuah posting dan menjadikan akun pengguna terkesan lebih populer. Akan tetapi, pemakaian auto like bisa memicu dampak negatif buat penggunanya. Kenali tiga ancaman berikut:

Notifikasi Spam
Bahaya pertama adalah Anda akan menerima banyak sekali pemberitahuan alias notifikasi masuk sesaat setelah mengunggah atau posting sesuatu di akun Instagram pribadi.

Auto like mengirimkan serentetan like ke foto atau video yang Anda unggah. Sehingga, Anda akan mendapat notifikasi yang menumpuk.

Walau hanya terkesan mengganggu, adanya notifikasi spam dapat membahayakan perangkat Anda, terlebih jika spesifikasi perangkat tidak terlalu istimewa.

Notifikasi Instagram yang terus-menerus muncul berpotensi membikin perangkat pintar Anda mengalami lag, hang, auto restart serta berbagai gejala lain.

Auto like Konten Negatif
Beberapa layanan atau aplikasi penyedia fitur auto like memberikan penawaran menarik dengan memasang tarif rendah. Tapi tunggu dulu, sebagian dari mereka juga mengambil keuntungan dari Anda.

Bagaimana caranya? Pihak-pihak tersebut menjadikan akun Instagram Anda sebagai salah satu akun yang nantinya digunakan untuk memberi like otomatis kepada pengguna lain.

Hal ini tergolong berbahaya buat keamanan akun pribadi. Pasalnya, Anda akan menemui kesulitan dalam mengontrol konten apa yang disukai dan memengaruhi rekomendasi aplikasi terhadap konten yang muncul di menu Explore.

Ditambah lagi kalau banyak konten negatif seperti pornografi yang Anda like, lalu terpantau oleh teman-teman dan follower Anda.

Pemblokiran Akun
Poin terakhir adalah pemblokiran akun. Berbagai media sosial semacam Facebook sudah menerapkan sistem yang sanggup melacak dan mengetahui akun-akun pengguna fitur auto like dan melakukan pemblokiran pada akun tersebut.

Sistem itu memang belum berlaku di Instagram, namun tidak menutup kemungkinan akan segera diterapkan. Mengingat Instagram sendiri adalah ‘saudara’ Facebook.

Maka, sebelum Anda berencana memakai fitur auto like, lebih baik berpikir ulang. Pastinya Anda tidak mau akun Instagram diblokir cuma gara-gara sebuah fitur, bukan? [GP]

SHARE