Manfaat Latihan Fisik Lebih Dari Sekadar Kebugaran | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Manfaat Latihan Fisik Lebih Dari Sekadar Kebugaran
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Siapa yang tidak familiar dengan sosok Irfan Bachdim, pesepak bola yang kini bermain untuk Bali United ini berbagi kisahnya terkait olahraga atau latihan fisik dengan emosi dalam asmara.

Dalam sebuah hubungan, pertengkaran memang kerap tidak bisa dihindari. Namun pasangan dari seorang model cantik Jennifer Bachdim ini dapat meminimalisir itu dengan latihan fisik atau olahraga. "Bila sedang emosional, saya biasanya latihan," tutur mantan penyerang timnas Indonesia itu.

Pemain yang memiliki darah Belanda ini juga mengatakan bahwa, latihan fisik tidak hanya sekadar bisa menyehatkan tubuh, tetapi juga bisa membuat lebih tenang. Sebagai atlet, Irfan memang cukup sering berlari. Ia berlatih sepak bola selama enam hari dalam sepakan. Irfan mengatakan, setalah letih habis latihan dan merasa bugar, ia pun kemudian akan menemui Jennifer.

Ternayata apa yang dilakukan Irfan, Jennifer Bachdim pun melakukan hal yang sama. Jennifer mangaku lebih memilih menyendiri dan berlatih ketika sedang emosi. Namun Jeniifer lebih memilih Yoga dan meditasi.  Olahraga itu membuat saya lebih rileks dan tenang," katanya.

Sebagai wanita sekaligus model, tentu olahraga adalah hal wakjib untuk dilakukan agar postur tubuh tetap terjaga. Jennifer sendiri kerap berolahraga selama lima hari dalam sepekan, mulai dari Yoga hingga pergi ke pusat kebugaran.

Bahkan, keduanya tidak hanya pergi olahraga atau latihan fisik masing-masing. Jika ada sebuah kesempatan, keduanya kerap melakukan olahraga bersama. Keduanya kompak, bahwa latihan fisik tidak hanya dapat berdampak positif pada tubuh tetapi juga pada kesehatan mental. "Kami jadi bisa lebih banyak memberikan energi positif," katanya.

Seperti diketahui sebelumnya, Irfan mulai bermain sepak bola di akademi sepak bola Ajax Amsterdam bersama dengan Mitchell Donald, Jeffrey Sarpong, Christian Supusepa dan Ryan Babel. Setelah tiga tahun ia pindah ke SV Argon, di mana ia menjadi pencetak gol terbanyak meskipun ia bermain sebagai gelandang. Irfan kemudian direkrut oleh pencari bakat FC Utrecht, dan menandatangani kontrak dengan klub tersebut. 

Tahun 2006, Irfan sempat hampir membela tim sepak bola U-23 Indonesia di Asian Games Qatar. Namun ia harus absen dari turnamen tersebut karena menderita cedera. Dalam Piala AFF 2010, ia tergabung dalam timnas senior Indonesia di bawah pelatih Alfred Riedl. Debut pertama bersama timnas Indonesia ia awali ketika timnas menang 6-0 di laga persahabatan melawan Timor Leste, di Palembang pada 21 November 2010. 

Penampilan pertamanya bersama timnas dalam turnamen resmi terjadi pada 1 Desember 2010, saat Indonesia mengalahkan Malaysia 5-1 di Gelora Bung Karno pada ajang AFF 2010. Irfan sendiri mencetak 1 gol dalam pertandingan tersebut. ** (SS)

SHARE