Aroma Kopi Ternyata Miliki Manfaat Bagi Otak - Male Indonesia
Aroma Kopi Ternyata Miliki Manfaat Bagi Otak
Sopan Sopian | Sex & Health

Kebar menarik bagi Anda pecinta kopi. Pasalnya, hanya sekadar menghirup aroma kopi, Anda bisa mendapatkan efek semangat di pagi hari. Hal ini terungkap dari sebuah penelitian baru tentang efek aroma kopi itu sendiri. Bahwasannya aroma kopi ini dapat mengasah otak dalam keadaan tertentu.

Photo by Dave Michuda on Unsplash

Penelitian yang dilakukan oleh Stevens Institute of Technology mengungkapkan bahwa aroma kopi saja dapat membantu orang berkinerja lebih baik. Penelitian yang dipimpin oleh profesor Stevens School of Business Adriana Madzharov ini dilakukan kepada 114 orang dan dibagi menjadi dua kelompok untuk menjawab pertanyaan matematika dari Tes Penerimaan Pascasarjana Manajemen (GMAT). 

Satu kelompok mengambil tes dengan adanya aroma seperti kopi ambient, sementara kelompok kontrol mengambil tes yang sama, tetapi di ruangan yang tidak diberi wewangian. Mereka menemukan bahwa kelompok di ruang berbau kopi mencetak nilai yang lebih tinggi pada tes.

Para peneliti berpikir beberapa jenis efek plasebo mungkin terjadi, di mana peningkatan kinerja yang diharapkan berakhir mengarah pada peningkatan yang sebenarnya.

Efek plasebo adalah sembuhnya pasien dari penyakitnya ketika mengonsumsi obat kosong atau plasebo dan terjadi walaupun terdapat bukti yang berkebalikan. Plasebo biasanya hanya berisi serbuk laktosa yang tidak memiliki khasiat apapun sebagai obat.

Sebuah survei lanjutan, mengajukan pertanyaan kepada 208 orang yang tidak terlibat dalam tes pertama, menemukan bahwa aroma kopi dikaitkan dengan menjadi lebih waspada dan energik, dibandingkan dengan aroma lain seperti bunga, atau tanpa aroma sama sekali.

Dalam percobaan kedua ini, tidak ada aroma kopi yang digunakan, tetapi hubungan mental para partisipan antara bau kopi dan respon yang ditingkatkan mungkin menjadi bagian dari alasan mengapa percobaan pertama berjalan seperti yang dilakukannya.

"Penciuman adalah salah satu indra manusia yang paling kuat," kata Madzharov. “Pengusaha, arsitek, pengembang bangunan, pengelola ruang ritel dan lainnya, dapat menggunakan aroma halus untuk membantu membentuk pengalaman karyawan atau penghuni dengan lingkungan mereka. Ini adalah bidang yang sangat menarik dan potensial,” lanjut Madzharov.

Seperti diketahui kopi memang kerap menjadi minuman harian di seluruh dunia, karena selain  dorongan fisik yang diberikan, kopi dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan demensia. Atas khasiat luar biasa ini menjadikan para peniliti terus mendalami khasiat lainnya. Salah satunya bau aroma kopi ini. *** (SS)

SHARE