Bentuk Otot Dengan Simpel & Praktis untuk Pria | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Bentuk Otot Dengan Simpel & Praktis untuk Pria
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Olahraga lompat tali adalah salah satu olahraga yang simpel, karena tidak membutuhkan alat olahraga berat. Untuk gerakannya pun sederhana. Meski begitu banyak alasan mengapa Anda perlu melakukan olahraga ini.

FOTO: /wikipedia

Meski alatnya seperti seutas tali, tentunya tidak harus dilakukan dengan untaian karet gelang seperti generasi Anda saat masih kecil. Karena, untuk olahraga ini, banyak tersedia jump rope dengan berbagai jenisnya. Lalu alasan apa yang membuat Anda perlu lakukan olahraga lompat tali ini?

1. Mampu Membakar Lemak Sekaligus Membentuk Otot
Lompat tali termasuk dalam kategori latihan kardiovaskular. Bila Anda melakukannya cukup lama, maka akan ada banyak kalori yang terbakar. Yang lebih menarik dalam memvariasikan gerakan lompat tali, Anda dapat memasukkan set interval intensitas tinggi (terutama saat menggunakan weighted jump rope) untuk merekrut lebih banyak serat otot baik pada upper maupun lower body.

Hal ini tak hanya membantu Anda membakar lemak saja, tapi juga membentuk otot secara terus-menerus, yang mana dapat membuat tubuh Anda semakin efisien dalam membakar kalori.

2. Melatih Jantung 
Lompat tali merupakan cara efektif untuk melatih jantung agar tetap sehat. Lompat tali bisa meningkatkan detak jantung yang sama seperti saat Anda berjalan, berlari, naik turun tangga, atau mengendarai sepeda. Jenis latihan ini memungkinkan tubuh Anda menggunakan oksigen secara efisien. Alhasil, jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah jadi lebih kuat.

3. Meningkatkan Performa Atletik
Inilah salah satu alasan mengapa lompat tali menjadi populer. Setiap orang yang berkecimpung di kancah olahraga yang membutuhkan koordinasi, footwork, kecepatan, kelincahan, ritme, dan bahkan tenaga, baik untuk kompetisi maupun rekreasi, bisa mengambil manfaat dari lompat tali.

Lihat petinju-petinju hebat seperti Muhammad Ali atau Mike Tyson, mereka hebat dalam melakukan lompat tali. Bahkan, Usain Bolt, sprinter peraih medali emas, juga selalu memanfaatkan jump rope sebelum bertanding. Mereka memahami manfaat lompat tali bagi performa atletik mereka.

4. Mengurangi Stres
Meski belum diuji secara ilmiah, lompat tali yang membutuhkan koordinasi tubuh ini, ternyata bisa membuat koneksi saraf baru. Selain itu, lompat tali mendorong tubuh Anda untuk menghasilkan endorfin (hormon bahagia). Hormon ini membantu Anda untuk lebih rileks dan mengurangi stres.

5. Alat Kardio yang Serbaguna
Sesi lompat tali yang acak mungkin tidak terlalu banyak meningkatkan VO2 maksimum Anda. Tapi lompat tali bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam rutinitas HIIT untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Anda bahkan juga bisa melakukan lompat tali di sela-sela set latihan, pada rentang waktu atau jumlah lompatan tertentu, dan sebagainya, untuk memenuhi kebutuhan Anda pada latihan tersebut. *** (SS)

SHARE