Cara Terlihat Rapi Dengan Rambut Panjang Anda - Male Indonesia
Cara Terlihat Rapi Dengan Rambut Panjang Anda
MALE ID | Looks

Zaman sekarang, pria berambut gondrong kembali menjadi tren. Tidak seperti gaya rockstar di era 70-90 an, pria milenial yang memanjangkan rambutnya memastikan bahwa penampilan mereka tetap terlihat stylish.

Photo by NeONBRAND on Unsplash

Namun menumbuhkan image rapi di mata wanita bukanlah perkara gampang. Selain membutuhkan waktu, pria berambut gondrong juga harus memastikan rambutnya berada dalam kondisi yang sehat.

Sebelum rambut bertambah panjang, akan ada momen dimana rambut terlihat tanggung. Momen inilah yang terbilang mengganggu, karena membuat penampilan kaum adam terkesan tidak rapi.

Setidaknya ada beberapa strategi yang harus MALEnials lakukan bila ingin senantiasa cool saat berambut gondrong, sebagaimana dikutip dari Men’s Health:

Bayangkan Hasil
Kenali terlebih dulu hasil apa yang Anda tuju. Meski rambut tumbuh dalam waktu lama, jangan didiamkan begitu saja.

“Saya banyak menemui pria yang mau gondrong, tapi tidak bisa menjawab ketika ditanya sepanjang apa ukurannya,” kata Daniel Alfonso, pemilik barbershop di Los Angeles.

Ia menyarankan agar membayangkan sosok yang model rambutnya Anda inginkan, semacam Kurt Cobain, Slash atau Jim Morrisson. Pilih yang bentuk wajahnya mirip dengan Anda.

“Gaya tertentu mungkin Anda inginkan, namun tidak akan cocok karena jenis rambut atau wajah yang kurang mendukung. Cari tahu tipe rambut Anda,” ujarnya.

Pendek di Bagian Samping
Memanjangkan rambut bukan berarti Anda berhenti mengunjungi tukang cukur. Pangkaslah secara rutin untuk mendapatkan penampilan yang diharapkan.

Solusinya adalah memotong bagian bawah atau samping (undercut). Anda menjaga bagian samping dan bawah tetap rapi, sembari memanjangkan rambut bagian atas.

“Saya menumbuhkan rambut bagian atas sampai panjang hingga menyentuh dagu. Sedangkan di samping, panjangnya cuma sekitar 5 cm,” tutur Daniel.

Dari situ, ia akan memotong rambut atasnya dan menunggu bagian samping mencapai panjang yang sama. Akhirnya ia tidak harus melewati fase dimana rambut tampak lusuh.

Manfaatkan Panjang Rambut

“Saat masih ‘tanggung’, cobalah sisir ke belakang menggunakan pomade seperti Al Pacino. Kemudian terapkan gaya ala Brad Pitt, Johnny Depp, hingga rockstar era 80-an dan 90-an,” kata Daniel.

Alternatif lain, Anda bisa mengikatnya. Setelah lebih panjang, buatlah membuntal atau sering disebut juga gaya man bun. Percaya atau tidak, gaya yang dipopulerkan oleh Jared Leto ini bikin wanita tergila-gila dengan Anda. [GP]

SHARE