Kecanduan Fantasi Intim Merusak Keperkasaan Pria - Male Indonesia
Kecanduan Fantasi Intim Merusak Keperkasaan Pria
MALE ID | Sex & Health

Fenomena fantasi intim atau seksual cukup akrab di kehidupan pria. Sepertiga dari pria di seluruh dunia diyakini pernah berfantasi seksual membayangkan wanita lain kala bercinta dengan pasangannya. Seperti yang dialami Bara. Pria ini selalu dihinggapi rasa bersalah pada pasangannya.

Photo by Maru Lombardo on Unsplash 

Betapa tidak, jika normalnya pria selalu terfokus dengan sosok wanita dihadapannya saat bercinta, Bara malah sibuk memikirkan wanita lain untuk membangkitkan gairahnya dalam bercinta, alias ber-fantasi intim atau seksual. Setiap teriakan, desah napas, lenguhan dan erangan kenikmatannya diraih saat membayangkan sosok wanita khayalan.

Kasandra Putranto, Psi, mengatakan bahwa fenomena fantasi intim dengan wanita khayalan ini ibarat gunung es yang tak terlihat namun begitu akrab dalam kehidupan para pria di dunia. Hanya saja hingga saat ini belum terdekteksi berapa jumlahnya, apalagi di Indonesia. 

Anggapan bahwa seks sebagai sesuatu hal yang tabu dibicarakan membuat pria Indonesia cenderung tertutup soal fantasi seksual dengan wanita imajinasi. Padahal dalam ilmu seksologi fantasi intim yang dilakukan dengan membayangkan wanita lain merupakan salah satu bentuk variasi seksual. 

Ketidakpuasan
Hanya saja, kebiasaan membayangkan wanita lain untuk membangkitkan gairah bercinta ini kerap kali berubah menjadi kecanduan. Tak masalah jika hanya kecanduan biasa, namun lain cerita jika kecanduan ini berubah jadi sebuah obsesif kompulsif.

Obsesif kumpulsif diartikan sebagai sebuah kecanduan yang membuat penderitanya gagal mengontrol prilakunya dan tak mampu menghentikannya kendati telah tahu dampak negatifnya. Berhubung sudah jadi obsesif kompulsif, praktis Anda akan sangat tergantung dengan fantasi itu.

Saking tergantungnya, Anda jadi sulit terbangkitkan gairahnya tanpa berfantasi. Parahnya, sehari saja tanpa berfantasi Anda bisa berubah jadi uring-uringan dan lemas tanpa semangat hidup. 

dr.Jusni Ichsan Solichin, Sp.KJ, Pakar spesialis kejiwaan mengatakan, kecanduan berfantasi dengan wanita imajiner ini dipicu oleh rasa ketidakpuasan pria dengan pelayan yang diberikan oleh wanitanya di atas ranjang. 

Jika ketidakpuasan ini berlangsung secara terus-menerus, maka ketidakpuasan ini bisa jadi akan mematikan gairah pria untuk berhubungan intim dengan wanita yang justru adalah lawan sesungguhnya. Nah, untuk membangkitkan gairah yang telah padam inilah, sang pria jadi membayangkan sosok wanita imaginer saat bermain cinta dengan pasangannya.  

Selaras dengan dr. Jusni, jika sudah begini hati-hati saja. dr. Heru H Oentoeng Sp.And, menuturkan bahwa fantasi seksual yang dilakukan dengan selalu membayangkan wanita lain ketika bercinta dengan pasangan ini bisa memicu terjadinya disfungsi ereksi. *** (SS)
 

SHARE