Ini Aturan Sebelum Mengenakan Gaya Kasual - Male Indonesia
Ini Aturan Sebelum Mengenakan Gaya Kasual
MALE ID | Looks

Gaya kasual tidak serumit Anda mengenakan setelan jas yang harus melengkapi dirinya sendiri. Karena tidak ada penjahit khusus untuk gaya kasual yang akan Anda kenakan. Tetapi perlu Anda ketahui, bahwa berpakaian secara kasual juga memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh pria.


Photo by Joël Assuied on Unsplash

Gaya kasual adalah gaya paling modis di tahun 1950-an. Para remaja di Inggris dan Amerika menginginkan sesuatu yang berbeda, kehidupan yang bertolak belakang dengan pertikaian konflik dan kebosanan dunia usaha.

Film-film seperti Rebel Without A Cause, The Wild One, dan bintang-bintang musik seperti Elvis Presley serta Little Richard, memiliki dampak yang signifikan dalam membujuk kaum muda saat itu. Suasana hati yang baru adalah salah satu kegembiraan dan gairah, bukan penindasan.

Gaya kasual juga kala itu identik dengan seragam anti-kemapanan, seperti jeans, t-shirt, dan jaket kulit, serta jaket jeans yang menempel di atas tubuh kaum muda. Bahkan, gaya tersebut sebelumnya diciptakan sebagai bagian dari seragam bagi penambang emas di pantai barat Amerika sekitar pergantian abad ke-20.

Apa itu Gaya Kasual atau Baju Kasual?
Secara harfiah, gaya kasual adalah pakaian yang ingin Anda pakai dan dianggap 'biasa saja'. Tetapi disitulah letak masalahnya. Tidak ada arahan, tidak ada seperangkat aturan. Salah satu jawabannya hanya mengikuti orang kebanyakan.

Gaya ini pernah runtuh dan dianggap tidak memiliki fashion yang apik. Tetapi dengan pergeserannya, merek-merek fashion telah menyadari bahwa gaya kasual atau pakaian kasual adalah tempat di mana orang menghabiskan uang untuk gaya ini. 

Ini setidaknya menjelaskan mengapa Gucci, Dior, Prada, Louis Vuitton dan semua rumah mode mewah bereaksi dan berkolaborasi dengan pasar streetwear yang sangat menguntungkan yang saat ini mendominasi industri. 

Meski tidak ada penjahit langsung yang harus Anda datangi untuk setelah ini, serta tidak ada aturan secara saklek, namun Anda perlu tetap mengikuti langkah ini agar gaya kasual Anda tidak terlihat aneh dan 'biasa saja'.

Sesuaikan dengan Ukuran Tubuh Anda
Fit atau mengenakan pakaian yang tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit adalah salah satu aspek paling penting, ketika Anda ingin mengenakan sebuah pakaian. Karena hal ini adalah pertimbangan untuk segala-galanya.

Memiliki Kenyamanan
Tidak ada gunanya ketika Anda pergi mengenakan pakaian yang bagus namun Anda terlihat tidak nyaman saat memakainya. Kenakan apa yang terasa tepat untuk Anda, karena jika Anda merasa percaya diri maka hal ini akan memunculkan aura positif Anda saat melangkah di kerumunan orang banyak.

Detail dan Simpel
Ambil kombinasi jeans dan t-shirt, iti bisa dibilang ansambel kasual pola dasar, namun masih bisa dipakai dalam berbagai acara. Namun, Anda harus tetap memperhatikan detail dan rasa simpel dalam pakaian yang ingin Anda kenakan. Jangan terlalu banyak warna yang Anda kenakan. Namun Anda masih aman ketika mengenakan t-shirt bergaris.

Temukan Setelan yang Pas
Temukan cara berpakaian yang mudah. Meski pergi dengan gaya kasual, tidak berbeda dengan mengenakan setelah jas. Anda tidak terpaku hanya dengan kaus dan celana jeans saja. Anda bisa membubuhinya degan jaket atau sejenisnya.

Tidak Perlu Harus Mengikuti Tren
Gaya kasual didominasi oleh tren, dari high street ke high end. Ketika Anda ingin mengikutinya, tidak ada larangan untuk itu, tetapi Anda tidak diharus untuk mengikutinya. Karena sifat dari tren akan lekang oleh waktu. Jika untuk mencoba, itu dipersilahkan. Aturan praktis yang baik adalah hanya menggunakan satu 'tren' item per pakaian.

6 Potongan Kunci untuk Gaya Kasual
Aturan tidak begitu teknis. Anda bisa saja mengabaikan aturan di atas, karena memang tidak ada batasan untuk gaya kasual, jadi silakan untuk bereksperiman dan temukan apa yang cocok untuk Anda. Karena orang akan bosa jika semuanya berpakaian sama. Tetapi Anda perlu tahu potongan kunci dari gaya kasual ini.

Jeans
Menurut Nick Ashley, direktur kreatif Private White VC mengatakan, busana pria telah menjadi biasa saja sejak Perang Dunia Kedua. Pria tidak sabar untuk keluar dari seragam yang kaku. Salah satu pakaian yang mereka inginkan adalah pakaian jeans.

Popularitas jeans dari 1950 hingga sekarang tidak pernah berkurang, justru meningkat. Dan jeans menjadi kunci pertama untuk gaya kasual Anda.

T-shirt
T-shirt sederhana dapat dipadukan dengan apa saja. Kecuali tentu untuk gaya formal Anda. T-shirt tidak akan bekerja dengan baik. Anda akan dipermalukan oleh semura orang. Tetapi t-shirt memiliki banyak variasi, carilah bahan berkualitas untuk t-shirt yang ingin Anda kenakan, agar Anda nyaman saat memakainya dan dapat menimbulkan rasa percaya diri Anda.

Sepatu
Pasar sepatu sneaker telah menjadi salah satu cabang terbesar pakaian pria selama beberapa tahun terakhir. Sepatu sneaker menjadi padanan cocok untuk gaya kasual Anda. Karena item bawahan ini memang sudah seperti aturan tersendiri saat ingin berjalan di jalanan ramai ketika Anda pergi dengan pakaian santai Anda. 

Jaket
Mulai dari jaket bomber hingga trucker denim, pakaian luar yang ringan ini bisa menambah individualitas untuk dilihat. Item ini disukai oleh banyak ikon gaya selama bertahun-tahun. Jaket bomber adalah bahan pokok yang mudah beradaptasi untuk gaya kasual. 

Sweater
Sebuah sweater loopback atau merino, keduanya mudah dipakai, pilihan enak untuk hari yang dingin. Kenakan itu sebagai lapisan luar atau di bawah jaket Anda. Opsi loopback biasanya hanya digunakan untuk arena olahraga, namun sekarang telah menyusup ke pakaian kasual pria.

Ransel
Ransel memang tidak muncul dalam awal mula popularitas gaya kasual pria. Tetapi ini telah menjadi norma baru. Entah dari mana asalnya, mungkin secara umum berangkat dari gaya perkuliahan. Tetapi dengan adanya aksesori ini dalah gaya kasual Anda. Anda bisa terlihat lebih asik dan menambahkan kepraktisan Anda saat membawa barang. Daripada harus penuh di tangan Anda.

Bagi mereka yang bekerja di kota, tas ransel ini bisa dibilang pilihan standar. Sebuah tas kulit secara alami paling mewah, tetapi kanvas katun klasik lebih digandrungi.

Namun perlu Anda ketahui, apa pun gaya yang Anda pilih, ada baiknya menghabiskan sebanyak yang Anda bisa dan berinvestasi untuk sesuatu yang akan dikenakan selama bertahun-tahun, karena dengan pakaian luar biasa Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. *** (SS)

SHARE