Berenang, Olahraga Terbaik & Sulit Bagi Pria - Male Indonesia
Berenang, Olahraga Terbaik & Sulit Bagi Pria
MALE ID | Sport & Hobby

Sebagian orang bermasalah dengan berenang. Pertama sulit menemukan kolam yang pas dan nyaman, kedua sulit melakukan renang itu sendiri. Meski telah ada pelatihan, masih ada saja beberapa orang yang tidak bisa berenang.

berenang - male IndonesiaPhoto by Gentrit Sylejmani on Unsplash

Lalu mengapa berenang menjadi olahraga terbaik? Karena salah satu manfaatnya saja, 20 menit Anda di kolam renang bisa membakar kalori lebih dari 250 kalori, yang artinya sama dengan berlari. Ditambah lagi, olahraga renang adalah latihan tubuh yang menggerakan seluruh seri otot Anda. 

Tidak hanya itu, aspek anaerobik dari Olahraga ini akan langsung meningkatkan detak jantung Anda karena merangsang hipertrofi, dan terutama, dapat memicu pertumbuhan otot pria. Kemudian, disamping itu bagaimana untuk memudahkan olahraga berenang ini?

1. Pemanasan
Brian Towin, ahli terapi fisik spesialis renang di Atlanta mengatakan, tempat olahraga menuntut kaki (khususnya betis), punggung, dan bahu. Untuk itu, agar terhindar kram kaki dengan gerakan sprinter Anda dengan melakukan peregagangan atau pemanasan sebelum berenang. 

2. Rileks
Andey Sean kershaw, pelatih renang di University of Miami dalam laman mensjournal mengatakan, otot yang tegang akan berakibat menenggelamkan Anda seperti seperti batu. Untuk itu, saat melakukan olahraga berenang, lakukanlah posisi netral dengan kepala, bahu, dan glutes dalam satu garis. 

Itu menghilangkan ketegangan leher dan punggung Anda dan membantu Anda berenang dengan lebih santai. Dan itu akan menandakan Anda untuk tetap sejajar dalam air. “Tubuh Anda bekerja seperti papan jungkat-jungkit, jika kepala Anda naik, pinggul Anda turun,” kata Kershaw. 

Selain itu, pernapasan juga memainkan peran kunci dalam melakukan olahraga berenang ini. Pola pernapasan ini bisa menjadi meditasinya sendiri untuk membuat Anda tetap dingin (dan membersihkan kepala Anda). 

3. Fokus Pada Teknik
Kershaw juga mengatakan, karena Anda mungkin sudah mengambil pelajaran renang sejak kecil, sudah ada perubahan pemikiran tentang teknik terbaik. Menurut Kershaw, teknik meluncur dan baik dalam berenang, lengan Anda harus masuk ke air dengan tepat di depan kepala Anda, dimulai dengan ujung jari tengah.

Bentangkan lurus sehingga telapak tangan Anda menghadap ke dasar kolam. Tekuk pergelangan tangan sedikit seperti Anda sedang menggulung stoples kue dan tarik siku Anda kembali ke samping, jaga tangan Anda sejajar dengan tubuh Anda.

Kemudian, padukan gerakan itu dengan tendangan yang ketat dan berputar, menjaga kaki tetap lurus, lalu lakukan tiga tendangan untuk setiap tarikan. 

4. Mengenal Jarak Kolam
Kolam pendek biasanya memiliki jarak 25 meter, atau jarak Olimpiade 50 meter. Kolam renang pendek baik untuk pelatihan interval sprint aerobik. Mabe mengatakan, sedangkan kolam berukuran Olimpiade dapat membantu Anda untuk persiapan berenang di air terbuka, karena Anda akan dua kali lebih jauh tanpa istirahat. *** (SS)

SHARE