Nikmati Indahnya Pasir Putih Terhalus Ngur Bloat - Male Indonesia
Nikmati Indahnya Pasir Putih Terhalus Ngur Bloat
Leonard | Relax

Ngur Bloat atau pasir panjang, begitu adanya pantai yang terletak di desa Ngilngof. Pesisir pantainya memanjang hampir sepanjang 3 kilometer dan beralaskan pasir sehalus bubuk susu. Pantai yang terletak di Pulau Kei Kecil, Maluku Tenggara ini memang belum begitu tenar dikalangan wisatawan lokal, malahan lebih banyak wisatawan asing yang terlihat berkeliaran di sekitar pantai.

Ngurbloat-Male-IndonesiaPhoto By Leonard

Secara infrastruktur, Ngur Bloat terlihat cukup baik dengan adanya saung-saung untuk beristirahat. Di Ngurblot juga setiap tahun di awal bulan Oktober hingga November diadakan festival Meti Kei. Saat air laut surut hingga beberapa ratus meter ke tengah lautan. 

Pantai Ngur Bloat bersisian langsung dengan perkampungan warga yang menjual kudapan dan minuman sehingga pengunjung tak perlu repot untuk mencari camilan sambil menikmati pantai. Yang umumnya dijual di sini adalah gorengan seperti pisang dan sukun, rujak pepaya muda dan minuman seperti teh atau kopi. Sangat sedikit yang menjual minuman dingin karena kendala listrik untuk mesin pendingin minuman.

Selain bersisian dengan rumah penduduk, pantai ini juga mempunyai barisan pohon kelapa di sepanjang bibir pantainya. Di sebelah selatan pantai bahkan dipenuhi hutan kelapa dan segelintir rumah penduduk. Di bagian ini pula lebih banyak terlihat perahu-perahu nelayan tertambat. Yang menarik di sini, ada satu pohon kelapa yang posisinya merebah ke tengah pesisir pantai. Pohon ini kerap kali dijadikan properti berfoto para turis yang berkunjung ke sini.

Ngurbloat-Male-IndonesiaPhoto By Leonard

Jika punya cukup nyali bahkan kita bisa meniti pohon kelapa dan berfoto di ujungnya. Nyatanya meniti pohon kelapa tak semudah kelihatannya. Batangnya yang semakin mengecil ke bagian pucuk dan guncangan yang semakin keras sehingga sulit untuk menjaga keseimbangan. Sayangnya kini pohon kelapa itu sudah tinggal kenangan karena telah rebah sepenuhnya, bisa karena termakan usia atau semakin banyaknya pengunjung yang memanjat pohon kelapa itu.

Dengan bibir pantai yang memanjang dan posisinya yang menghadap Barat, Ngur Bloat sangat tepat untuk menyaksikan matahari terbenam. Tapi jangan terlalu asyik terbawa suasana karena jalan pulang dari sini masih banyak ruas jalan yang tidak memiliki penerang jalan.

Click to Enlarge

Click to Enlarge

Memang disarankan bagi pengunjung untuk menggunakan jasa pemandu saat mengunjungi Ngur Bloat atau destinasi wisata lain di Pulau Kei Kecil, bukan karena masalah keamanan tapi lebih kepada kenyamanan dalam mencari titik-titik wisata yang banyak belum terpetakan serta jika terpaksa harus pulang saat matahari sudah tenggelam, meminimalkan tersasar di perkampungan warga.

Jika ke Pulau Kei Kecil, pastikan harus berkunjung ke Ngur Bloat, pantai yang telah dinobatkan sebagai pantai dengan pasir terhalus. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung bisa mengambil rute penerbangan ke Ambon lalu penerbangan lanjutan langsung ke Pulau Kei Kecil. Memang belum banyak penggiat wisata yang membuka jalur open trip ke Pulau Kei, sehingga tak ada salahnya meminta bantuan pihak hotel membantu mencarikan pemandu dan kendaraan untuk berkeliling Pulau Kei.

Ngurbloat-Male-IndonesiaPhoto By Leonard

Penginapan sendiri cukup mudah ditemui di Pulau Kei, mulai dari guesthouse hingga hotel berbintang 3 dengan fasilitas yang sangat baik pun sudah ada di Pulau Kei. 3 hari di Pulau Kei rasanya cukup untuk mengunjungi beberapa lokasi yang cukup terkenal namun jika Anda punya waktu lebih, tak ada salahnya untuk tinggal lebih lama di Pulau Kei karena masih banyak pantai, gua dan air terjun untuk dijelajahi.

SHARE

CONTRIBUTOR

Leonard

Menjalankan usaha di bidang Graphic Design dan pengadaan souvenir. Travel blogger di laman www.cool4myeyes.com serta Instagramers @leonard_c4me dengan fokus kepada traveling + hotel & resto reviewer