Solusi Saat Junkware Serang Perangkat Desktop Anda - Male Indonesia
Solusi Saat Junkware Serang Perangkat Desktop Anda
MALE ID | Digital Life

Sudah sering kita temui banyaknya perangkat desktop yang terganggu kinerjanya karena junkware. Definisi junkware sendiri bisa diartikan sebagai aplikasi sampah dan sering tiba-tiba muncul di perangkat.

perangkat-desktop-Male-Indonesiapixabay.com

Sejatinya, aplikasi sampah tersebut tidak serta merta muncul tanpa sebab. Melainkan ‘terbawa’ secara tidak langsung dari aplikasi utama atau aplikasi yang telah di-install ke perangkat desktop. Inilah yang memicu perangkat mengalami lambat alias hang.

Di samping itu, junkware juga menguras kapasitas hard disk perangkat secara perlahan-lahan serta mendatangkan berbagai ancaman keamanan. Kalau sudah demikian, perangkat desktop tak lagi aman digunakan.

Tapi jangan khawatir, Anda dapat mencegahnya melalui beberapa cara sebagai berikut:

Unchecky
Unchecky merupakan aplikasi yang akan menolong pengguna dalam melawan junkware. Fungsinya yaitu mematikan seluruh check list yang berada di paket instalasi sebuah program secara otomatis apabila instalasi juga membawa junkware di dalamnya.

Adw Cleaner
Tidak seperti Unchecky yang melakukan langkah preventif saat pengguna memulai suatu proses instalasi program, aplikasi Adw Cleaner lebih berfungsi sebagai pendeteksi dan pemusnah dari junkware yang telah berada di komputer.

Cara kerjanya lebih menyerupai anti virus dan anti-malware, sehingga membuat Adw Cleaner menjadi salah satu aplikasi yang wajib dipunyai oleh setiap pengguna desktop.

Anti Virus
Poin selanjutnya adalah dengan mengandalkan anti virus. Kendati tidak dirancang untuk menangani junkware atau adware secara langsung, seiring perkembangan waktu fitur-fitur di dalam anti virus semakin baik dan semua program yang bersifat mengancam bisa lebih mudah terjaring menggunakan real-time protection.

Yang menjadi masalah adalah, tidak semua junkware masuk ke dalam kategori mengancam keamanan perangkat. Sehingga, tidak semua junkware bisa dideteksi oleh anti virus.

Tidak meng-install sembarang aplikasi
Memang seolah merupakan hal sederhana. Namun kurangnya kewaspadaan menjadi penyebab utama menurunnya performa pada perangkat desktop.

Sebagian pengguna kerap mengabaikan keamanan pada perangkat mereka dan tidak memperhatikan aplikasi apa yang di-install. Buntutnya, sesuatu yang sedang dikerjakan akan terganggu.

Ketahuilah, datangnya junkware berasal dari pemasangan sebuah program yang juga menyertakan beberapa aplikasi promosi. Wajar saja bila memori perangkat terkuras habis. [GP]

SHARE