Suksesnya Nintendo Switch Merupakan Hasil Plagiat? - Male Indonesia
Suksesnya Nintendo Switch Merupakan Hasil Plagiat?
MALE ID | Digital Life

Konsol Nintendo Switch cukup berhasil melambungkan kembali nama perusahaan legendaris Nintendo ke kancah dunia game modern. Desainnya juga dianggap cerdas dan inovatif oleh berbagai pihak.

Photo credit: Jared Cherup on Visual hunt / CC BY-NC-ND

Walau demikian, ada pihak yang merasa konsep desain konsol Nintendo Switch merupakan hasil plagiat. Seperti dilansir dari Polygon, Gamevice melayangkan tuntutan kepada Nintendo karena menganggap mereka meniru konsol serta desain controller Gamevice.

Tuntutan itu sudah diajukan ke International Trade Comission (ITC) Amerika Serikat. Pihak ITC juga melakukan investigasi terhadap tuntutan “konsol game portable dengan controller melekat”.

Sebelumnya, di tahun 2015, Gamevice merilis konsol yang mendukung perangkat buatan Apple dan Samsung. Desainnya memang mirip dengan Joy-Con milik konsol Nintendo Switch.

Begitu Nintendo mengenalkan Switch di akhir 2016, Gamevice mengajukan gugatan pada Agustus 2017. Namun sampai detik ini belum ada tanggapan resmi dari Nintendo atas gugatan tersebut.

Melansir Mashable, satu hal yang menyebabkan pengadilan belum mengabulkan tuntutan Gamevice adalah bagian flexible bridge pada paten produk mereka.

Kedua controller Gamevice terhubung oleh kabel elastis yang terdapat pada bagian belakang konsol. Sedangkan controller Nintendo Switch berbeda lantaran terpisah antara satu dan yang lain. Keduanya bisa digunakan secara terpisah pula.

Dalam tuntutannya Gamevice juga mengatakan bahwa bagian screen milik Nintendo Switch sebagai bridge section. Padahal screen tersebut merupakan device terpisah yang dapat terhubung dengan controller dan dipasang sesuai keinginan pengguna.

Gamevice sendiri berkutat di pembuatan tablet gaming. Didirikan oleh CEO perusahaan Oculus VR, Brendan Iribe. Ketika masih bernama Wikipad, mereka sebenarnya telah membuat controller pada 2012 namun mengalami delay sehingga baru dirilis setahun kemudian.

Kembali ke topik utama, sejak awal 2018, konsol Nintendo Switch berhasil menyalip angka penjualan perangkat PlayStation 2 di Jepang untuk periode satu tahun. Hal ini membuat Switch menjadi konsol yang sangat laris dibandingkan produk buatan Sony.

Meskipun tingkat kepopuleran Nintendo Switch bisa dibilang panjang, sampai sekarang pihak Nintendo mengakui belum punya niatan mengenalkan seri terbaru dari Switch yang dirilis sejak 2016. Mereka beralasan, banyak hal masih bisa dikembangkan dari konsol tersebut. [GP]

SHARE