Pria Buang Air Kecil Setelah Bercinta, Wajarkah? - Male Indonesia
Pria Buang Air Kecil Setelah Bercinta, Wajarkah?
MALE ID | Sex & Health

Kebiasaan pria yang buang air kecil atau kencing setelah bercinta sering diasosiasikan sebagai masalah kesehatan serius. Benarkah anggapan demikian?

kencing-setelah-bercinta-Male-Indonesia-3pexels.com

Rupanya tidak. Berbagai sumber dan penelitian menyebutkan, kencing setelah bercinta merupakan respon dari organ genital pria untuk membersihkan kuman dan bakteri yang tidak sengaja masuk ketika ejakulasi terjadi.

Pada dasarnya, kencing setelah bercinta dan mencapai orgasme merupakan hal umum dan normal. Saat bercinta, semua bakteri dan mikroba di rektum dan alat genital berkumpul di uretra. Inilah yang menyebabkan masalah pada saluran 

Oleh karenanya, kencing pasca ejakulasi atau orgasme menjadi cara tubuh pria membersihkan saluran kencing dari sperma atau semen yang menempel.

Apalagi ejakulasi membuat otot di saluran kemih mengalami kontraksi dan memicu rasa ingin buang air kecil.

Hal tersebut dapat dijadikan indikasi kesehatan. Kalau Anda buang air kecil dengan jumlah cukup banyak tanpa menderita rasa nyeri dan perih, maka tidak ada yang perlu dirisaukan.

Lantas apakah rasa perih ketika kencing setelah bercinta menandakan tubuh bermasalah? Belum tentu. Bisa saja itu semata-mata karena kandung kemih Anda sudah terlalu penuh.

Terkadang, nyeri yang muncul sewaktu buang air kecil usai kegiatan bercinta atau masturbasi berkaitan dengan beberapa faktor. Antara lain:

  1. Reaksi alergi pada lateks, pelumas, atau bahan-bahan yang terkandung pada alat bantu seks saat digunakan bercinta.
  2. Inflamasi pada uretra, kelenjar prostat, atau infeksi saluran kencing.
  3. Penularan penyakit menular seksual dari pasangan seperti gonorea dan klamidia, yang dapat menyebabkan rasa nyeri saat pria buang air kecil.
  4. Kerusakan uretra yang terjadi ketika bercinta atau masturbasi.
Para pria yang merasakan nyeri begitu hebat saat buang air kecil, apalagi setelah bercinta sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter.

Sebab, ada kemungkinan bahwa saluran kemih sudah terkena infeksi. Atau bisa juga faktor lain seperti adanya batu di kandung kemih.

Sekarang, Anda sudah tahu kan mengapa buang air kecil setelah bercinta sangat disarankan? Harap diingat, menjaga kebersihan Mr. P sebelum, saat, dan usai bercinta dengan pasangan tak boleh diabaikan begitu saja.

Kebersihan Mr. P merupakan kunci dari hubungan intim yang sehat, sekaligus menghindarkan pria dari berbagai macam ancaman penyakit. [GP]

SHARE