Mereka adalah Atlet Lari Tercepat di Dunia - Male Indonesia
Mereka adalah Atlet Lari Tercepat di Dunia
MALE ID | Sport & Hobby

Saat melihat atlet lari di lintasan, penonton pasti dibuat tercengang akan kecepatan yang mereka tunjukan. teknik skill dan kekuatan fisik berpadu menghasilkan sebuah kecepatan yang mengagumkan.

atlet lari - male IndonesiaNick Webb/Flickr.com

Dalam olahraga yang termasuk dalam atletik ini terdapat beberapa nomor lari yang dilombakan tidak semuanya sama, ada yang membutuhkan stamina besar dan stabil seperti marathon, atau sebaliknya menggunakan stamina dan kemampuan aero tubuh untuk mendapatkan kecepatan berlari optimal.

Salahsatu jarak yang biasa di tempuh untuk seorang pelari cepat adalah pada jarak 100 meter, dan berikut ini adalah 5 pelari cepat jarak 100 meter.

Usain Bolt

Usain Bolt, dialah yang disebut-sebut sebagai worlds fastest man atau orang tercepat di dunia. Pelari cepat yang berasal dari Jamaika ini mampu menorehkan catatan waktu berlari hingga 9,58 detik pada jarak 100 meter, raihan waktu tersebut diperolehnya ketika berlari di ajang kejuaraan atletik dunia tahun 2009. 

Catatan tersebut mampu menempatkan Bolt yang lahir pada 21 Agustus 1986 dan kini berusia 29 tahun pada posisi nomor 1 pelari paling cepat di dunia pada jarak 100 meter. Selain rekor yang ia capai dalam lari cepat jarak 100 meter, ia juga pernah mencatatkan rekor dunia dalam lari estafet bersama teman-temannya.

Tyson Gay


Tyson Gay yang merupakan pelari cepat asal Amerika kelahiran 9 Agustus 1982 ini merupakan salahsatu pelari tercepat di dunia untuk jarak 100 meter dan 200 meter. Ia mencatatkan namanya di urutan ke 2 pelari tercepat pada jarak 100 meter. Gay mampu mengumpulkan banyak piala, dan pada kejuaraan lari yang di adakan di Osaka ia mampu membabad habis semua medali emasnya. Ia mendapatkan waktu terbaiknya berada di 9,69 detik pada jarak 100 meter.

Asafa Powell

Asafa Powell adalah seorang sprinter asal Jamaika. Asafa Powell juga dikenal sebagai salah satu mantan pelari tercepat di dunia. Pelari berusia 34 tahun ini memiliki tinggi 188 centimeter. Powell juga termasuk pelari favorit di kategori lari jarak pendek. Rekor kecepatan Powell adalah 9,72 detik.

Maurice Greene

Atlit lari cepat yang lahir pada 23 Juli 1974 ini memang sudah pensiun dari karirnya namun rekor yang pernah ia catatkan masih membuktikan bahwa ia pernah menjadi salahsatu orang dengan akselerasi paling cepat di dunia. Greene mampu mencatatkan namanya dalam rekor dunia sebagai pelari tercepat usai berlari di Athena Pada Juni 1999 dengan perolehan catatan waktu adalah 9,79 detik dalam jarak 100 meter.

Lalu Muhammad Zohri

Lalu Muhammad Zohri, pelari asal Lombok, Indonesia ini mengejutkan dunia dengan menyabet medali emas nomor bergengsi 100m di Kejuaraan Dunia Atletik U-20. Ia menorehkan waktu 10,18 detik di depan duo pelari cepat asal AS, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang masing-masing mencatat 10,22 detik.

Bahkan, Lalu menjadi atlet atletik pertama Indonesia yang meraih emas alias juara pertama dalam ajang lari jarak pendek 100 meter selama 32 tahun. Posisi terakhir Indonesia terakhir dalam ajang ini berada di posisi ke-8 di tahun 1986. *** (SS)

SHARE