Jerawat Akibat Janggut Anda, Cegah dengan Cara Ini - Male Indonesia
Jerawat Akibat Janggut Anda, Cegah dengan Cara Ini
MALE ID | Looks

Kebanyakan pria yang memutuskan untuk memelihara janggut  menghabiskan cukup banyak waktu untuk merawat janggut mereka agar terlihat lebih menarik. Tetapi banyak yang terlupakan, di mana kulit di bawah janggut kerap tak terawat.

janggut - male IndonesiaPexels.com

Jika Anda baru saja mulai menumbuhkan jenggot, kulit Anda akan bereaksi negatif terhadap perubahan. Akibatnya, timbullah jerawat. Tentu ini akan merusak seluruh perhatian Anda kepada wajah Anda.

Saat wajah Anda sudah menumbuhkan jerawat, berarti Anda perlu memerhatikan kondisi kulit Anda. Untuk mengobati jerawat terkait janggut dan benjolan lain di bawah jenggot Anda, coba ikuti tips mudah ini untuk  menjaga kulit Anda bersih dan sehat.

Bersihkan Secara Berkala dan Rutin
Pada siang hari, janggut Anda mengumpulkan kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat di bawah janggut Anda. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mencuci janggut dan kulit di bawahnya setelah menghabiskan waktu di luar rumah. 

Gunakan pembersih wajah ringan untuk membersihkannya. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan komedo di area bawah janggut. Untuk membersihkannya, Anda dapat  menggunakan alat ekstraksi blackhead seperti extract extractor untuk membuka pori-pori Anda tanpa merusak kulit di sekitarnya. Namun, jangan gunakan alat ini pada jerawat karena menusuk jerawat dapat menyebabkannya meninggalkan bekas di wajah Anda.

Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Minyak Janggut
Pria sering menggunakan minyak janggut untuk menjaga rambut wajah mereka lembut, tetapi beberapa minyak jenggot dapat menyebabkan jerawat terutama bagi mereka yang rentan terhadap jerawat. 

Anda mungkin ingin mengurangi jumlah minyak janggut yang Anda gunakan atau lewatkan sepenuhnya jika Anda mengalami penumbuhan jerawat. Jika Anda tidak bisa terpisahkan dengan minyak janggut, carilah minyak janggut non-komedogenik atau minyak janggut alami untuk menjaga rambut wajah tetap bagus.

Gunakan Obat Anti Jerawat Topikal
Obat atau produk anti-jerawat topikal tersedia di toko-toko dan memiliki varian yang berbeda. Anda bisa menggunakannya yang berbentuk gel, salep, atau krim yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat. 

Kedua bahan tersebut melawan jerawat dan dapat menjaga kulit di bawah janggut Anda. Gunakan cotton bud yang bersih untuk mengaplikasikan gel, krim, atau minyak pada noda. Selain itu, Anda perlu berhati-hati agar tidak menekan terlalu keras.

Jauhkan Tangan dari Wajah
Salah satu cara terbaik untuk mencegah jerawat adalah dengan menjauhkan tangan dari janggut dan wajah Anda. Bakteri di tangan Anda dapat menyebabkan jerawat dan dapat memperburuk masalah. 

Selain itu, sering-seringlah mencuci tangan dan menggunakan saputangan bersih atau lap untuk membersihkan wajah Anda. Mengubah sarung bantal Anda sesering mungkin, juga dapat membantu mencegah jerawat.

Nah, Anda juga jangan mencari-cari alasan lain ketika ingin membersihkan wajah dengan tisu basah. Karena ada 4 bahaya saat menggunakan tisu basah pada wajah. *** (SS) 

SHARE