Gua Waitomo, Destinasi Wisata Kerlip Cahaya dalam Gua - Male Indonesia
Gua Waitomo, Destinasi Wisata Kerlip Cahaya dalam Gua
MALE ID | Relax

Destinasi wisata Gua Waitomo memiliki keunikan sendiri. Gua ini dipenuhi kerlip cahaya bagaikan bintang di langit. Tidak salah jika gua ini menjadi destinasi wisata paling populer di sana.

gua waitomo 2il org

Gua ajaib ini berada di luar Waitomo, North Island, Selandia Baru. Konon gua-gua ini diukir oleh aliran sungai bawah tanah yang mendesak melewati batu gamping lunak selama ribuan tahun.

Banyak di antaranya memiliki stalaktit yang menggantung dari langit-langit dan stalagmit yang mencuat dari lantai gua, kerucut-kerucut lancip dari batuan berlapis yang dibentuk sepanjang berabad-abad oleh tetesan air.

Saat Anda memasukinya, Anda akan terkesima dengan kemilau warna hijau kebiruan dalam kegelapan. Persis seperti bintang-bintang di malam hari. Meski disebut mirip seperti bintang, ini bukanlah bintang sungguhan.

Ternyata cahaya tersebut berasal dari cacing dengan nama latin Arachnocampa luminosa. Dalam kegelapan, hewan ini akan mengeluarkan cahaya berwarna hijau dan biru.

Meski populer beberapa tahun belakangan ini, ternyata gua-gua waitomo pertama kali dieksplorasi pada tahun 1887 oleh kepala suku Maori lokal, Tane Tinorau didampingi oleh surveyor Inggris Fred Mace.

Jauh sebelum tahun 1887, sebenarnya sudah banyak orang setempat yang mendengar keberadaan gua tersebut. Namun hanya dianggap mitos belaka. Setelah Tane Tinorau dan Fred Mace mamasukinya, keduanya terdecak kagum.

Tahun 1889 secara resmi gua tersebut di buka sebagai tempat wisata dengan biaya yang sangat murah. Saat itu hanya Tane Tinorau dan istrinya menjadi guide bagi tempat wisata tersebut.

Setelah pemerintah mengetahui keberadaan gua tersebut, serta mengecek kelayakan gua sebagai tempat wisata yang mempesona, maka tahun 1906 pemerintah mengambil alih untuk mengelola gua tersebut.

Saat Anda berkunjung langsung ke wisata Gua Waitomo, Anda akan diajak naik perahu dan mengarungi sungai dalam gua sepanjang 250 meter. Selain itu, seorang pemandu juga akan memberikan informasi sepanjang jalan Anda mengitari gua tersebut.

Setiap wisatawan yang ingin melakukan perjalanan wisata Gua Waitomo, akan dikenakan biaya tiket masuk seharga NZD 48 (Rp 380 ribu) per-orang untuk dewasa, dan NZD 21 (Rp 166 ribu) untuk anak-anak usia 4-14 tahun. Wisata Gua Waitomo buka setiap hari mulai pukul 09.00 waktu setempat. **SS

SHARE