7 Langkah Melindungi Kehidupan Digital Anda - Male Indonesia
7 Langkah Melindungi Kehidupan Digital Anda
MALE ID | Digital Life

Seiring berkembangnya dunia internet, kehidupan digital menjadi ancaman tersendiri. Karena saat Anda bersentuhan dengan intenter, Anda akan memberikan secara cuma-cuma tentang data diri Anda. Misalnya, mulai dari nama, nomor telepon, hingga alamat rumah.

kehidupan digital - male Indonesiapixabay.com

Saat kehidupan digital Anda mulai dibangun, hal ini dapat dimanfaatkan oleh para peretas yang tidak bertanggung jawab. Mereka bisa mendapatkan semua data diri Anda dengan lengkap hanya dengan meretas di mana Anda membagikan data diri Anda. Misalnya media sosial atau email. 

Sayangnya, masih banyak yang belum sadar akan hal ini. Alih-alih ingin eksis malah menjadi bumerang untuk diri sendiri. Sebelum Anda terlambat lebih baik meminimalisir sedari awal, agar kehidupan digital Anda lebih terlingdungi. Caranya Anda dapat mengikuti beberapa berikut ini.

Lindungi Diri dari Pengiklan
Saat berselancar di internet, iklan tentu berseliweran. Bahkan saat membuka artikel atau tautan yang Anda inginkan, Anda akan diarahkan pada sebuah iklan. Seolah-olah Anda dipaksakan untuk merambahinya.

Saat seperti itu, tentu Anda tidak akan mengizinkan pengiklan memasang poster di rumah Anda bukan, jadi jangan membiarkan pengiklan mengotori pengalaman online Anda. Banyak plugin browser yang bisa menjaga pengalaman internet Anda dari pengiklan, salah satu yang sering digunakan adalah Adblocker.

Mengubah Pengaturan Facebook
Iklan masih bisa terlihat di mana-mana, begitu juga di Facebook. Hal ini tidak aneh memang, karena Facebook sendiri memiliki sistem iklan sendiri bagi mereka yang ingin beriklan di Facebook.  Meski seperti itu, Facebook juga memiliki cara untuk pengalaman digital Anda lebih tenang dari iklan. 

Mereka memiliki pengaturan dalam tautan Preferensi Iklan. Tautan itu akan akan menunjukkan kepada Anda merek apa yang menurut Anda disukai Facebook, pengiklan apa yang Anda berinteraksi, dan kategori yang digunakan Facebook untuk beriklan kepada Anda. Anda dapat menghapus semua informasi itu.  Facebook mungkin masih memiliki semuanya, tetapi itu tidak lagi memungkinkan pengiklan menggunakan informasi itu untuk beriklan kepada Anda.

Instal VPN
Virtual Private Network (VPN) memungkinkan Anda menjelajah internet tanpa ada yang melacak alamat IP Anda. Anda dapat menggunakannya di beberapa perangkat seperti telepon Anda atau komputer lain. Anda dapat menerapkannya dalam lima perangkat sekaligus. Sayangnya, VPN tidaklah gratis. Jika Anda sedikit gentar dan menginginkan sesuatu yang super mudah, cobalah  TunnelBear, yang lebih ramah pengguna.

Cek Privasi Email Anda
Ada layanan online gratis hebat, yakni haveibeenpwned. Situs tersebut memungkinkan Anda memasukkan alamat email Anda dan melihat apakah akun telah diretas atau tidak. Ini juga memungkinkan Anda mengatur pemberitahuan jika akun lain pernah disusupi. Jika Anda telah diretas, ubah kata sandi Anda di situs web itu.

Mulailah Gunakan Email Terenkripsi
Tentunya Anda tidak akan dapat mengalihkan semua email Anda ke akun baru dalam semalam. Tetapi patut untuk memulai. Salah satu cara yang baik untuk melakukan ini adalah dengan membuat alamat baru dan mulai menggunakannya dengan mitra atau sekelompok kecil teman Anda. ProtonMail menjadi salah satu layanan untuk itu. ProtonMai sendiri adalah sebuah layanan open source yang dikembangkan oleh para ilmuwan CERN dan MIT dan dilindungi oleh undang-undang privasi Swiss.

Melindungi Pesan Chat Anda
Minimal, Anda seharusnya sudah menggunakan Whatsapp untuk semua pesan teks Anda. Dan jika Anda ingin serius tentang privasi perpesanan, gunakan layanan pilihan Edward Snowden, Signal. Ide yang sama seperti di atas, mulailah dengan lingkaran kecil untuk melakukannya, seperti dengan teman dan kemudian kembangkan ke luar.

Pastikan Menggunakan 2 Factor Authentication (2FA)
Jika Anda benar-benar ingin aman, Anda perlu mengaktifkan 2FA di situs apa pun yang mengizinkannya. Ini menambah langkah lain untuk proses masuk untuk layanan populer seperti Google, Facebook, dan Twitter, dan ini adalah cara terbaik untuk memastikan keamanan. Minimal, aktifkan untuk semua layanan Google Anda. Ini mudah dilakukan, panduan online-nya sederhana untuk menggunakan 2FA, Anda bisa menggunakan Google Authenticator. *** (SS)

SHARE