Ternyata Profesi Ini Bisa Bikin Pria Lebih Bahagia - Male Indonesia
Ternyata Profesi Ini Bisa Bikin Pria Lebih Bahagia
MALE ID | Works

Sudah menjadi stigma umum di masyarakat bahwa profesi wiraswasta terlihat kurang menjanjikan. Bahkan tidak jarang pekerjaan ini dipandang sebelah mata.

profesi wiraswasta - Male Indonesiapixabay.com

Alhasil, banyak pria merasa bangga bila bekerja di salah satu instansi dibandingkan memilih profesi wiraswasta. Namun, kebanggaan itu sudah tidak relevan lagi di era modern seperti sekarang. Apa pasal?

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Work Employment and Society mengungkap, profesi wiraswasta membuat para pelakunya cenderung lebih bahagia dan senang dengan pekerjaan mereka dibandingkan profesi lain.

Para peneliti menyimpulkan, pelaku wiraswasta di berbagai bidang juga lebih sukses dalam karier mereka. Serta lebih puas akan kontribusi mereka di dunia profesional.

“Pekerja profesional yang berwiraswasta benar-benar menghargai nilai yang mereka anut,” kata Peter Warr, peneliti dari University of Sheffield.

Orang-orang yang berwiraswasta punya kebebasan berinovasi dan mengekspresikan pandangan mereka. Warr juga menilai, seorang wiraswasta dapat menikmati waktu mereka bekerja selama berjam-jam. Malah, mereka puas bekerja dan bahagia.

Tanggapan senada dilontarkan Ilke Inceoglu, peneliti dari University of Exeter. Ia menyebut, para wiraswasta lebih bahagia karena merasa hasil yang diperoleh merupakan jerih payah sendiri.

“Terlibat secara penuh dalam pekerjaan membuat mereka bersemangat sekaligus menghargai kontribusinya,” ujar Ilke.

Hasil itu didapat usai peneliti mempelajari data 5.000 pekerja di sejumlah negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Selandia Baru dan Australia. Mereka mengukur kepuasan pekerja di bidang konsultasi manajemen, keuangan, asuransi, pendidikan dsb.

Bidang Pekerjaan Terbaik
Berdasarkan aspek pertumbuhan, keseimbangan kerja dan gaji, US News merilis profesi pengembang perangkat lunak menempati posisi pertama sebagai pekerjaan terbaik secara keseluruhan. Dokter gigi menempati urutan kedua, disusul asisten dokter di urutan ketiga.

Peneliti juga menyimpulkan, ketiga profesi tersebut membuat para pelakunya lebih bahagia dalam menjalani rutinitas antara kehidupan dan pekerjaan.

Pada dasarnya setiap jenis pekerjaan mempunyai sisi positif tersendiri. Selama sesuai dengan minat atau passion, tidak ada salahnya bekerja di bidang tertentu.

Nah, dari hasil riset di atas, apakah Anda tengah menjalani profesi sebagai wiraswasta? Atau Anda berniat segera memulainya? [GP]

SHARE