Ambisi Besar Pembalap Lincah Moto GP Asal Spanyol | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ambisi Besar Pembalap Lincah Moto GP Asal Spanyol
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Sudah lewat dari satu dekade Marc Marquez berkarier sebagai pebalap profesional. Sederetan prestasi berhasil ia peroleh sejak menekuni balapan motor di tahun 2008 lalu.

wikipedia

Waktu demi waktu, Marc Marquez kian menjadi bahan perbincangan. Hal itu tidak lepas dari keberhasilannya merengkuh enam gelar juara dunia di tiga kelas berbeda. Antara lain kelas 125cc (2010), Moto2 (2012), serta MotoGP (2013, 2014, 2016 dan 2017).

Alhasil, kesuksesan Marquez membantu mempromosikan kota Cervera kepada masyarakat dunia. Wisatawan berkunjung ke sana hanya demi menyaksikan seperti apa tanah kelahirannya.

Namun tidak banyak orang tahu, bahwa semasa kecil Marquez punya impian menjadi pebalap motorcross ketimbang MotoGP, walau faktanya ia memacu kuda besi di lintasan aspal. Impian itu disampaikannya secara terbuka pada wawancara eksklusif bersama Otor Magazine.

Di kalangan pebalap profesional lain, Marc Marquez dikenal sebagai rider multi talenta. Ia piawai di flat track, dirt track dan motocross. Sewaktu pertama kali menunggang motor, The Baby Alien juga lebih dulu mengenal lintasan tanah.

“Saya telah menggeluti motocross dari usia kecil dan ingin menjadi pebalap motocross profesional. Namun kini saya tidak terlalu memikirkannya, karena saya terlibat di dunia lain yang masih berkaitan dengan motor,” katanya.

“Bila mampu mengatur waktu, saya bisa berlatih motocross kapan saja. Rasanya, jalan yang saya pilih cukup baik,” katanya lagi.

Box Repsol/flickr

Kendati demikian, juara dunia MotoGP sebanyak empat kali ini sadar betapa tingginya risiko balapan di sirkuit tanah dengan berbagai obstacle semacam table top dan lintasan yang cenderung licin, terlebih saat hujan turun.

“Saya tidak boleh mengambil risiko. Musim dingin nanti, saya ingin kembali mencobanya. Walau ini termasuk latihan yang menguras fisik, saya tetap semangat,” ucap Marquez.

Kegemarannya pada dunia motocross turut meningkat, usai berlatih bersama mantan juara MX nasional Spanyol sekaligus crosser FIM MXGP, Jose Luis Martinez di tahun 2013. Jose juga menjabat sebagai asisten pribadi Marc Marquez.

“Jose selalu memotivasi dan memberikan rasa percaya diri bagi saya. Sebab, ia terbiasa balapan motocross serta mengetahui apa kebutuhan seorang rider,” tutur Marquez. [GP]

SHARE