Hotelex akan Gelar Kompetisi Barista Terbaik | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Hotelex akan Gelar Kompetisi Barista Terbaik
Sopan Sopian | Whats Up

Serangkaian kompetisi akan berlangsung bersamaan dengan peluncuran edisi pertama Hotelex Indonesia, yang akan diselenggarakan pada 18-20 Juli 2018 mendatang di JIEXPO Kemayoran. 

Kompetisi tersebut di antaranya adalah Indonesia Brewers Cup 2018 (IBRC 2018), Indonesia Latte Art Championship (ILAC 2018) dan Indonesia Cup Tasters Championship 2018 (ICTC). Semuanya akan berlangsung di Hotelex Indonesia dan akan menampilkan 24 peserta.

Para peserta akan bersaing untuk menjadi pemenang pertama. Juaranya akan mewakili Indonesia di kejuaraan Dunia di Brasil pada November 2018.

Kompetisi-kompetisi ini terangkum dalam Indonesia Coffee Event (ICE) yang diselenggarakan oleh Barista Guild Indonesia (BGI). BGI adalah bagian dari Specialty Coffee Association Indonesia (SCAI) yang merupakan acara tahunan yang ke-7 kalinya diselenggarakan.

Kompetisi IBRC 2018 diikuti oleh brewer-brewer potensial yang dibebaskan untuk memilih kopi single origin yang akan dipresentasikan. Tentu tak cukup dengan rasa dan aroma kopi saja untuk para brewer menyisihkan pesaing brewer lainnya. Dibutuhkan serangkaian riset, latihan repetitif, dan instrumen yang presisi untuk mendapatkan potensi maksimal kopi.

Selain itu, peserta juga harus cakap dalam melakukan presentasi. Para brewer harus bisa meyakinkan juri bahwa kopi inilah yang terbaik.

Sementara dalam kompetisi ILAC 2018, para barista harus menampilkan free pour style dan decorative style. Yaitu seni menuang latte yang menampilkan desain-desain menarik baik dengan cara free pour maupun dengan etching. Penilaiannya adalah berdasarkan atribut visual, kreativitas dan pola yang identik pada tiap cangkir kopinya.

Kompetisi terakhir, adalah ICTC 2018. Dalam kompetisi ini para barista bertanding adu cepat dan tepat dalam mengidentifikasi kopi secara blind test. Atribut rasa dan aroma kopi memang menjadi pembeda kopi origin satu dengan lainnya. Namun tentu harus didukung dengan penginderaan yang tepat untuk bisa membedakan kopi dengan cepat.

Kompetisi ini akan menghadirkan lebih dari 12.000 peserta, mulai dari pemasok makanan, pemilik restoran, industri restoran hotel hingga kafe nasional dan internasional. Selain itu ada kompetisi hospitality equipment & foodservice yang akan didiikuti oleh 10 negara di Asia. Mulai dari China, Hong kong, India, Malaysia, Myanmar, Singapur, Thailand hingga Korea Selatan. 

SHARE