Saingi Google, Apple Maps Lakukan Perubahan Besar | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Saingi Google, Apple Maps Lakukan Perubahan Besar
Gading Perkasa | Digital Life

Sebagaimana telah kita ketahui bersama, dibandingkan aplikasi peta lain yang lebih akurat seperti Google Maps, Apple Maps sendiri terbilang masih banyak celah dan kekurangan. Hal ini mengganggu mereka yang sehari-harinya berkutat dengan perangkat iOS.

Apple Maps Lakukan Perubahan Besar

Kondisi tersebut sebenarnya sudah terlihat sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 lalu. Saat itu, peluncuran Apple Maps tidak terlalu mulus karena terdapat berbagai masalah.

Masalah yang dimaksud antara lain kesalahan pada nama kota, jalan, beberapa negara tidak terdeteksi, serta berbahaya bagi penggunanya.

“Kami memohon maaf sebesar-besarnya kepada pengguna perangkat iPhone. Gunakan saja Google Maps atau aplikasi peta lainnya,” ujar CEO Apple, Tim Cook menanggapi kekacauan di layanan Apple Maps.

Sontak, banyak orang mencibir dan mengolok-olok layanan peta buatan Apple. Menyadari kelemahan aplikasinya, pihak Apple akhirnya mengerjakan sejumlah perbaikan.

Mereka berencana memperkenalkan Apple Maps baru bagi kawasan Amerika Serikat pada 2019 mendatang. Sebagai catatan, perusahaan asal California ini menyebutkan bahwa empat tahun terakhir, mereka menghabiskan waktu demi merombak maps habis-habisan.

Aplikasi peta dengan layanan baru diluncurkan sekitar awal Agustus 2018 dalam lingkup yang terbatas. Tersedia untuk orang-orang yang menguji versi beta dari iOS 12.

“Kami ingin membawa Maps ke tingkat berikutnya. Caranya yaitu membangun data dari awal,” kata Eddy Cue, Senior Vice President Apple yang saat ini ditugaskan menangani Maps, melansir dari TechCrunch.

Supaya privasi tetap terjaga, data pemetaan yang diambil dari mobil Apple dienkripsi, kemudian akan ada AI yang berfungsi menyamarkan wajah orang serta plat nomor kendaraan.

Apabila nantinya terdapat data peta yang tampak tidak wajar, Apple langsung bertindak cepat dengan mengirimkan tim menuju lokasi.

Sejauh ini, beberapa sumber menyebutkan bahwa mobil peta Apple sudah lalu-lalang di jalanan Amerika Serikat dan Inggris. Namun belum ada kejelasan lebih lanjut terkait rute mobil itu.

Melalui perombakan besar-besaran, Apple juga bakal berhenti menggunakan data pemetaan dari pihak ketiga. Sebagai gantinya, mereka memakai data yang berasal dari dua sumber, yaitu mobil van dengan sensor serta iPhone.

Apple mengklaim, kumpulan data dari mobil dan perangkat iPhone membuat Apple Maps lebih detail dan akurat, termasuk menampilkan informasi jalan dan lokasi hingga hasil pencarian yang lebih relevan.

So, apa tanggapan MALEnials terkait pembaruan yang direncanakan Apple? Mungkinkah Anda berpaling ke Apple Maps, atau justru setia bersama Google Maps? [GP]

SHARE