Tampil Bergaya Classic Bad Boy ala James Dean | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tampil Bergaya Classic Bad Boy ala James Dean
Gading Perkasa | Looks

Sekitar tahun 2010 lalu, tren fashion jadul pria kembali mencuat di kalangan anak muda. Dimulai dari potongan rambut undercut yang populer pada era 1920-an, lalu setelan jas, ikon fashion di tahun 1970-an.

Photo credit: Dovima-2010 on Visualhunt / CC BY-NC

Bagaimana dengan tren fashion tahun 1950-an? Di era tersebut, item yang paling populer adalah celana panjang kotak-kotak. Bahkan sampai sekarang, celana ini masih banyak dipakai.

Sedikitnya, ada tiga publik figur di era 1950 yang didaulat sebagai barometer perkembangan tren fashion dunia. Antara lain pemeran film di The Godfather, Marlon Brando, lalu James Dean, dan Elvis Presley.

Atasan tahun 1950-an

Pertama kali yang akan dibahas ialah atasan paling ikonik tahun 1950-an, kaus putih polos. Item ini dinilai mengawali kemunculan kaus putih yang kini berfungsi sebagai pakaian dalam, sementara luaran menggunakan kemeja atau jaket.

Sejatinya, kaus putih polos banyak dipakai oleh kaum pekerja. Namun, setelah James Dean sering terlihat mengenakannya di film Rebel Without a Cause (1955), kepopuleran kaus putih meningkat drastis.

Selain kaus putih polos, atasan di era 50-an yang juga masih bisa Anda temui di era sekarang yakni jaket kulit berkerah tinggi. James Dean biasa memakainya di sela-sela sesi foto.

Ditambah lagi, Elvis Presley tidak pernah lepas dari jaket kulit hitamnya setiap mengadakan konser. Kemeja kotak-kotak berwarna cokelat turut menjadi salah satu tren fashion 1950-an yang digandrungi generasi milenial.

Bawahan tahun 1950-an

Selanjutnya, bagian bawahan seperti celana panjang cukup booming belakangan ini. Di tahun 50-an, nyaris semua celana menggunakan bahan dasar kain dan hanya beberapa yang berbahan denim.

Walau demikian, celana kain sangatlah ikonik karena memiliki tampilan corak unik, kotak-kotak kecil berwarna cerah. Ambil saja contoh celana yang dipakai James Dean atau Marlon Brando.

Khusus bagi Elvis Presley, dirinya tidak termasuk sosok yang mempopulerkan celana kain. Sebagaimana telah diketahui bersama, The King of Rock & Roll tersebut lebih suka manggung dengan celana cut bray ketimbang celana berbahan kain apalagi denim.

Buat Anda yang penasaran apakah tren fashion 50-an cocok diterapkan di masa kini atau tidak, Anda dapat mulai dari kemeja kotak-kotak kecil atau perpaduan antara kaus putih bersama jaket kulit. Jangan lupa, atur gaya rambut pompadour ya MALEnials! [GP]

SHARE