Jangan Terlalu Yakin Wanita Menyukai Anda | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Jangan Terlalu Yakin Wanita Menyukai Anda
Gading Perkasa | Sex & Health

Saat sedang mengincar wanita idaman, ada kemungkinan bahwa seorang pria ingin sang wanita pun menyukai dirinya. Pada dasarnya, keinginan tersebut tidak selamanya keliru. Asalkan masih dalam batas wajar.

Fenomena Terlalu Yakin Wanita Menyukai Anda
pikwizard.com

Yang celaka adalah, ketika Anda terlalu yakin bahwa wanita lain memendam perasaan cukup kuat terhadap Anda. Kalau itu sampai terjadi, artinya Anda mengalami gangguan mental bernama erotomania.

Erotomania merupakan gangguan kepribadian yang dialami seseorang. Penderitanya akan memiliki keyakinan besar bahwa ada lawan jenis yang memendam perasaan cinta padanya.

Kata erotomania berasal dari bahasa Yunani, eros yang maknanya cinta. Dan mania, berarti berlebihan. Meski lebih sering dialami oleh wanita, gangguan ini juga banyak ditemui di kalangan pria berusia matang.

Mereka percaya, ada wanita dengan status sosial tinggi sedang jatuh hati kepadanya secara diam-diam. Sosok fantasi para erotomania bisa beragam. Entah pejabat, sosialita atau aktris terkenal.

Jika kondisinya sudah tergolong memprihatinkan, pengidap erotomania bisa saja menganggap publik figur di layar kaca menyukainya. Bahkan seluruh rayuan publik figur tersebut seakan ditujukan khusus kepadanya.

Di pikiran penderita erotomania, lawan jenis berbicara lewat kode guna mengungkapkan perasaannya. Sebagai contoh, seorang wanita bisa memainkan rambut dan bibirnya di televisi.

“Pengidap erotomania cukup yakin kalau perilaku lawan jenis merupakan sebuah kode rahasia untuknya,” tutur Glenn Wilson, konsultan psikologi dan ahli perilaku kelainan seksual.

Selain itu, mereka selalu punya keyakinan besar terhadap seseorang. Dari sekadar senyuman, sapaan atau gerakan apa pun dapat ditafsirkan berbeda oleh penderita erotomania.

Mayoritas penyebab gangguan kepribadian ini adalah buah dari masa lalu. Jika seorang pria telah kekurangan kasih sayang dan perhatian sejak usia anak-anak dan remaja, mereka cenderung lebih mudah terjangkit erotomania.

Apakah erotomania bisa disembuhkan? Selama belum tergolong pada gangguan mental cukup parah, penderita akan sembuh dengan menjalani terapi kognitif perilaku, yang bertujuan melunturkan anggapan bahwa ia disukai oleh wanita tertentu dan kembali ke kenyataan.

Obat-obatan seperti anti depresan juga dapat membantu proses penyembuhan. Obat antipsikotik secara efektif mampu mengobati erotomania pada sejumlah kasus. Namun metode paling ampuh, mengombinasikan obat dan psikoterapi. [GP]

SHARE