Bergaya Sprezzatura, Tingkatkan Kesan Elegan Pria | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Bergaya Sprezzatura, Tingkatkan Kesan Elegan Pria
Gading Perkasa | Looks

Barangkali tidak akan pernah ada definisi baku mengenai konsep sprezzatura. Secara sederhana, kata sprezzatura yang berasal dari bahasa Italia ini diartikan sebagai studied carelessness, eksentrik atau membelokkan aturan.

Photo on VisualHunt

Konsep sprezzatura juga diadopsi menjadi sebuah gaya hidup. Ketika seorang pria berpenampilan rapi, nyaman, dan effortless tanpa berkutat pada sejumlah peraturan fashion yang cenderung kaku.

Pada dasarnya, kaum adam mesti paham terlebih dahulu aturan dasar berpakaian agar bisa breaking the rules. Gianni Agnelli, pemilik brand FIAT sempat membuat mendiang John F. Kennedy cemburu melihat istrinya berfoto dengan sang maestro sprezzatura itu.

Tidak semua pria dapat menyamai level sprezzatura Gianni Agnelli yang legendaris. Banyak orang telah mencoba, dan hasilnya gagal total. Cukup mengadopsi beberapa  signature miliknya, dan terapkan di momen yang tepat.

Dasi Belakang Lebih Panjang
Bagian dasi belakang yang tampak lebih panjang dibandingkan bagian depan seolah merupakan kecerobohan. Anda juga tentu malu memakainya begitu saja.

Namun pada konsep sprezzatura, pemakaian dasi demikian justru menunjukkan kelas. Ini yang dilakukan oleh Agnelli dengan sengaja. Hasilnya? He looks so classy.

Memasukkan Ujung Dasi ke Dalam Celana
Sekali seumur hidup, pernahkah Anda mendapat panduan umum memasukkan ujung dasi ke dalam tepian celana? Walau tidak lazim, Anda tetap bisa mencoba metode berikut supaya semakin stylish.

Konsep sprezzatura ini terlihat pas ketika dasi diikat bergaya Victoria atau Double Four in Hand knot.

Membuka Dua Kancing atas Kemeja
Terdengar sederhana, tapi tidak semua orang sanggup melakukannya dengan benar. Membuka dua kancing atas kemeja merupakan tindakan yang cukup berisiko, dan akan menimbulkan kesan sloppy, berantakan, serta masih banyak lagi.

Makanya, pastikan kemeja yang hendak dipakai telah disetrika. Karena kunci sukses penampilan ini yaitu menguasai semangat nyaman, santai dan penuh percaya diri.

Memadukan Jas dan Sepatu Boots
Hanya sedikit orang mau memadukan antara jas dan sepatu boots. Di konsep sprezzatura, itu dipandang sebagai hal yang lumrah. Bahkan beberapa pria yang mengadopsi sprezzatura memakai boots guna melengkapi atasan blazer.

Jam di Luar Pergelangan Kemeja
Di antara poin-poin sebelumnya, rasanya gaya terakhir terbilang paling sulit diterima oleh akal sehat. Bagaimana tidak, Anda harus mengenakan jam tangan di bagian luar pergelangan kemeja.

Bila dilihat dari sisi lain, ada keuntungan yang bisa Anda peroleh. Pemakaian jam tangan tersebut lebih praktis, sehingga Anda tidak usah repot-repot mengangkat pergelangan kemeja untuk mengetahui pukul berapa sekarang.

Sepintas memang agak nyeleneh. Namun, selama Anda cerdas menerapkan salah satunya, besar kemungkinan kaum hawa meleleh dan jatuh hati dengan Anda. [GP]

SHARE