Green Office, Solusi Lingkungan Kerja yang Sehat | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Green Office, Solusi Lingkungan Kerja yang Sehat
Gading Perkasa | Works

Mayoritas pekerja kantoran sekarang ini lebih sering menghabiskan waktunya bekerja di dalam ruangan. Padahal, terlalu lama berada di ruangan memiliki dampak negatif bagi kesehatan.

pekerja kantoran - male Indonesiapexels.com

Ruangan tertutup seperti lingkup perkantoran yang menghalangi pemandangan luar, diketahui dapat meningkatkan kadar hormon stres pada para pekerja kantoran.

Sementara itu, ventilasi buruk yang kerap ditemui di sejumlah gedung turut meningkatkan karbon dioksida, dimana akan berpotensi mengurangi kemampuan otak sekaligus berpengaruh terhadap mood.

Di sebuah makalah, seorang psikolog menuliskan, kantor yang tidak mempunyai tanaman hias dan semacamnya bisa menjadi ruangan paling beracun. Supaya kondisi tidak bertambah buruk, sebaiknya Anda menempatkan tanaman hijau di kantor.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Exeter, Inggris mengungkap bahwa keberadaan beberapa tanaman hijau di ruangan kerja sempit mampu meningkatkan produktivitas karyawan sebesar 15%.

Selan itu, kantor yang bernuansa hijau dari tanaman membuat karyawan jauh lebih bahagia. Kebahagiaan bagi dirinya pribadi serta bagaimana ia memandang beban pekerjaan sebagai hal positif.

Para periset memeriksa dampak kantor tanpa tanaman dan dengan tanaman terhadap persepsi karyawan terkait kualitas udara, konsentrasi dan kepuasan. Tingkat produktivitas mereka juga dipantau selama bulan-bulan berikutnya.

Hasilnya, karyawan merasakan keberadaan tanaman di kantor meningkatkan kepuasan kerja, konsentrasi dan kualitas udara.

Periset juga menemukan, dalam beberapa tahun terakhir, banyak ruangan kantor terlihat lebih sederhana dan meletakkan tanaman hijau agar karyawan lebih produktif.

“Hal paling penting, setiap orang bisa melihat tanaman dari meja kerja mereka,” tutur Chris Knight, salah satu pemimpin penelitian.

Ditambahkan oleh Chris, jika tanaman sulit dihadirkan di dalam ruangan, pekerja kantoran tetap akan memperoleh manfaat sama dengan cara memasang foto tanaman disertai pengaturan cahaya yang pas dan aroma tertentu.

Tanggapan serupa juga dilontarkan oleh Virginia Lohr dari Washington State University. Ia mengatakan, kantor yang mempunyai tanaman akan berpengaruh terhadap tekanan darah konsisten bagi setiap karyawan.

“Dari hasil penelitian, terungkap bahwa keberadaan tanaman di kantor mampu mengurangi stres hanya dalam waktu lima menit,” kata Virginia.

Tanaman di kantor bisa meredam stres, bahkan meningkatkan produktivitas karyawan. Tunggu apa lagi? Segera letakkan setidaknya satu tanaman hias di meja kerja Anda. [GP]

SHARE