Cuaca Panas Bikin Susah Tidur, Apa Solusinya? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Cuaca Panas Bikin Susah Tidur, Apa Solusinya?
Gading Perkasa | Sex & Health

Masalah susah tidur selalu menghantui banyak orang, terutama pria. Hal itu akan berpengaruh bagi kesehatan, mengurangi fokus pikiran dan membuat suasana hati memburuk.

susah tidur - Male Indonesia

Bila terus-menerus terjadi, maka tubuh akan berisiko mengalami obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Namun, terkadang cuaca panaslah yang membuat kita susah tidur, apalagi di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Menurut Tobin James, manajer direktur perusahaan pembuat peralatan tidur asal Inggris, temperatur udara tinggi akan membuat seseorang susah tidur.

“Penting sekali menyiapkan dan menciptakan kondisi lingkungan tidur sebaik mungkin, serta menyesuaikan gaya hidup atau rutinitas demi mengalahkan udara panas,” tutur Tobin.

Ia telah memberikan sejumlah tips agar kita mampu tidur nyenyak meski cuaca sedang panas, sebagaimana dilansir dari Express:

Menjaga Sirkulasi Udara
“Jaga sirkulasi udara, karena itu adalah kunci untuk tetap sejuk di cuaca panas. Buka jendela di malam hari bila perlu,” kata Tobin.

Apabila udara masih terasa panas, Tobin menyarankan kita membuka jendela di ruangan yang berbeda. Entah di ruang tamu atau halaman belakang.

Menciptakan Udara Sejuk Sendiri
Lebih lanjut menurut Tobin, sebaiknya kita menciptakan sendiri udara yang nyaman, misalnya menaruh semangkuk penuh es di depan kipas angin.

“Daripada memindahkan udara hangat di ruangan sekitar, es batu akan mendinginkan udara yang dibantu oleh kipas,” ucapnya.

Mematikan Seluruh Perangkat Listrik
Perlu diketahui, lampu dan setiap perangkat yang terhubung ke listrik mengeluarkan panas. Tobin mengingatkan agar kita mematikan seluruh perangkat tersebut.

“Kita bukan cuma memperoleh manfaat dari suhu ruangan yang lebih nyaman bila mematikan seluruh perangkat, melainkan juga menghemat listrik,” kata dia.

Ditambah lagi, kualitas tidur akan meningkat lantaran segala hal yang mampu menstimulasi cahaya biru telah hilang. Tak ada lagi namanya susah tidur.

Melindungi Tubuh dari Panas
Orang-orang yang tinggal di kawasan tropis, bahkan dilalui oleh garis khatulistiwa senantiasa melindungi diri mereka dari panas. “Tutuplah tirai jendela di malam hari, terutama jika kamar tidur menghadap ke arah barat atau selatan,” ujar Tobin.

Cara ini, menurut Tobin, berguna untuk menghalangi cahaya matahari menyinari kamar saat pagi tiba, serta membuat kamar terasa sejuk.

Mengurangi Porsi Makan Malam
Tak disangka, mengurangi porsi makan malam (sedikit protein dan lemak) kala musim panas membantu menciptakan kesejukan di sekitar tubuh.

“Tubuh kita menggunakan lebih banyak energi demi mencerna makanan. Makanan berat berarti kita menghasilkan panas metabolik lebih besar,” tutur Tobin. [GP]

SHARE