Bosan Berambut Gimbal, Ini Cara Menghilangkannya - Male Indonesia
Bosan Berambut Gimbal, Ini Cara Menghilangkannya
MALE ID | Looks

Katakanlah Anda sudah terlalu lama mempunyai rambut gimbal, dan kini mulai bosan. Timbul pertanyaan, bagaimana cara menghilangkan gimbal tersebut?

dreadlocks - male IndonesiaPhoto by Marina Panadés on Unsplash

Sebagian orang percaya bahwa satu-satunya cara untuk ‘memusnahkan’ rambut gimbal adalah mencukur habis rambut Anda. Walau masih ada cara lain, namun orang tidak ingin ambil pusing dan lebih memilih metode ini.

Sekarang semua tergantung MALEnials. Hanya saja, memotong rambut gimbal memberi nilai tambah, yaitu kulit kepala kembali bersih dan terhindar dari gatal-gatal.

Proses Memotong Gimbal
Langkah pertama, potonglah setiap gimbal Anda dengan gunting. Panjang atau pendek ukuran gimbal yang dipotong, itu semua tergantung dari seberapa panjang Anda ingin mempertahankan rambut Anda.

Sebaiknya Anda tidak mengabaikan langkah ini, karena akan membuat proses memotong rambut gimbal menjadi jauh lebih mudah.

Berencana mencukur rambut cukup panjang? Potonglah gimbal sedekat mungkin dengan kulit kepala di bagian rambut yang lilitannya lebih sedikit.

Bila Anda hendak menyisakan sedikit rambut tanpa terlalu banyak kerja, potong gimbal sekitar 2,5 cm sampai 5 cm dari kulit kepala. Rambut yang tersisa seharusnya akan cukup mudah dibuka dan diurai.

Jangan lupa, Cuci Hingga Bersih
Sewaktu mencuci kulit kepala dan rambut, lakukan secara menyeluruh. Pada beberapa helai rambut yang telah diurai, Anda perlu memberikan kondisioner tanpa proses pembilasan. Diamkan sekitar 5-10 menit.

Selanjutnya, bilas rambut yang telah dibaluri kondisioner dan keramas dengan air dingin, supaya minyak rambut Anda tetap terjaga. Pakai handuk untuk mengeringkannya.

Kerjakan Lagi Sisa Rambut
Apakah setelah keramas akan selesai begitu saja? Tentu tidak. Uraikan lagi gimbal pada rambut yang tersisa, baru Anda bisa mencukurnya. Pakai alat cukur baru (kira-kira ujung pisaunya masih tajam) dan krim. Awas, jangan sampai terluka.

Begitu tidak ada lagi satu pun gimbal di kepala, sisir rambut secara rapi. Tambahkan kondisioner atau gel. Dari situ, Anda bisa menikmati tampilan rambut baru Anda yang lebih fresh.

Lalu, bagaimana kalau Anda tidak punya waktu cukup melakukan seluruh langkah di atas? Pergilah ke barbershop, biarkan sang tukang cukur memotong dan menata rambut sesuai keinginan Anda.

Normalnya, rambut yang baru saja diuraikan agak susah diatur selama beberapa hari. Jadi Anda harus sabar menunggu, hingga kondisi rambut benar-benar sempurna. [GP]

SHARE