Perlukah Bertukar Password Ponsel dengan Pasangan? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Perlukah Bertukar Password Ponsel dengan Pasangan?
Sofan | Women Chat

Anda pernah mengalaminya? Saat kata sandi atau password ponsel Anda ingin diketahui oleh pasangan atau membentuk kesepakatan baru untuk bisa saling mengakses ponsel masing-masing.

Dengan begitu, hubungan yang dijalani terjalin secara terbuka dengan segala hal yang terjadi ponsel dapat ditekahui secara bebas oleh pasangan. Lalu bagaimana wanita menyikapi hal ini, setuju bertukar password atau justru menolak untuk menolaknya? dan apa dampaknya terhadap hubungan itu sendiri?

Cahya, Karyawan Swasta

password-ponsel-Male-Indonesia

Tukeran password ya penting. Tapi itu opsi kedua, menurutku yang paling penting komunikasi. Alasannya kepribadian kita belum tentu sama dengan pasangan. Misalnya, perilaku kita yang menurut orang kurang asik. Belum tentu diterima pasangan, sama sebaliknya.

Kalau soal kepo (keingintahuan yang tinggi), sebenernya kepo juga isi media sosial atau isi ponsel pasangan. Tapi kalau media sosial bisa dipantau dari jauh, kan bisa liat di timeline-nya.

Jadi buat aku, kalau statusnya belum berkomitmen, masih sekadar berpacaran, belum penting banget sih. Karena buat aku juga jadi masalah kalau password aku dipegang pasangan, kan itu privasi.

Terus, menurutku juga kalau password dipegang atau tukeran, menutup komunikasi dengan yang lain. Kalau sudah berkomitmen bisa dibilang bisa akan berjalan baik-baik saja. Karena semua orang lain tahu kalau kitanya sudah berkomitmen.

Nah, kalau memang diminta. Aku sih mau dulu alasannya apa pasangan kita minta tukeran password. Kalau untuk bikin media sosial aku berantakan, yah tidak aku kasih.

Widi Dwinanda, Aktris dan Presenter

password ponsel - male Indonesia

Menurut Aku sih, kita enggak perlu tahu soal password pasangan. Karena, Aku dan pasangan berkomitmen atas dasar percaya. Dia dan aku sama-sama punya password, tapi jangan sampai tidak ada privasi. Harus saling menghargai.

Kebetulan sekali, Aku jarang khawatir mengenai apakah ada yang disembunyikan dari pasangan atau tidak. Menjalani hubungan bukan sekadar ingin memiliki semata, melainkan bagaimana kita berjalan bersama dan saling melengkapi.

Aku dan pasangan punya karier di bidang yang berbeda, tapi bisa berkesinambungan. Saya di dunia akting, dia di dunia musik, kita bikin karya berdua. Jangan saling curiga.

Menanggapi pasangan yang tidak mau memberitahukan password ke Aku? Cukup kembali ke awal kita berkomitmen saja. Kalau tiba-tiba ada rahasia di antara kita, otomatis ada yang salah di hubungan kita dan introspeksi diri. Supaya bisa kembali terbuka.

Privasi tidak ada batasnya, antara saya dan si dia. Begitu pula sebaliknya. Masing-masing punya password, tapi kalau Aku ingin membuka ponsel pasangan, dia tidak keberatan.

Rifka Annisa, Blogger

password ponsel - male Indonesia

Bagiku, itu bukan hal wajib. Karena bukti dari komitmen bukan dari mengetahui password ponsel, melainkan rasa saling percaya dan saling menghargai. Tapi, apabila dari kedua belah pihak sepakat untuk sama-sama saling mengetahui password demi menjaga rasa saling percaya, itu sah-sah saja.

Kekurangan privasi bagi sebagian orang yg memang benar-benar menjaga privasinya tapi mungkin bagi mereka yg cenderung lebih terbuka hal tersebut tidak jadi masalah. Jika memang memutuskan untuk diketahui password-nya, ya harus siap jika sewaktu-waktu pasangan memergoki hal yg tidak disukai ada di hp laki-laki. Misalnya seperti foto wanita lain di galeri. Bisa jadi terjadi salah paham yg berakibat pertengkaran.

Kalau pihak pria setuju, mungkin dari si pasangan (wanita) akan merasa dihargai dan rasa percaya pada pria akan meningkat. Karena merasa tidak ada yg ditutupi. Hal ini juga jadi salah satu sikap saling terbuka. Tapi kembali lagi ke pendapat masing-masing. Ada yg menganggap dengan mengetahui password ponsel pasangan berarti membangun sikap saling terbuka, tapi ada juga sebagian orang yang menganggap hal tersebut merupakan suatu sikap posesif. Maka dari itu, tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak.(GP/DD/SS)

SHARE