Tragedi Kapal Tenggelam Paling Mengerikan di Dunia | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tragedi Kapal Tenggelam Paling Mengerikan di Dunia
Sopan Sopian | Story

Indonesia berkabung usai lebaran 2018. Di mana dua tragedi kapan tenggalam terjadi. Pertama tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba. KM Sinar Bangun tenggelam dalam perjalanan dari Pelabuhan Simanindo, Samosir, menuju Pelabuhan Tiga Ras, Simalungun, Sumatera Utara, Senin, 18 Juni 2018, sekitar pukul 17.30. 

Bangkai Kapal Titanic/FOTO: Prioryman/wikipedia

Kapal yang beroperasi sehari-hari di Danau Toba itu diduga mengangkut ratusan penumpang dan puluhan kendaraan bermotor roda dua melebihi kapasitas. Kapal kayu berkapasitas 43 orang tersebut tenggelam setelah dihantam angin kencang dan ombak berkekuatan 12 knot.

Kemudian yang kedua, Tenggelamnya KM Lestari Maju. Kapal tersebut tenggelam di Selayar, Sulawesi Selatan, akibat mengalami kebocoran di lambung kapal dan hendak dikandaskan di pulau terdekat tapi tenggelam di tengah jalan. 

Tenggelamnya dua kapal tersebut menambah daftar panjang tragedi kapal tenggelam. Tragedi sebelumnya terjadi di berbagai belahan dunia dengan memakan korban yang cukup besar. Berikut beberapa tragedi kapal tenggelam yang mengerikan di dunia. 

MV Wilhelm Gustloff

FOTO: BArchBot/wikipedia

Pada bulan Januari tahun 1945, kapal Jerman ini terkena tiga torpedo di Laut Baltik saat turut berpartisipasi dalam evakuasi warga sipil, personil militer, dan pejabat Nazi yang dikelilingi oleh Tentara Merah di Prusia Timur. Setelah tertembak di sisi kanan, kapal itu tenggelam dalam waktu kurang dari 45 menit. 9.400 orang diperkirakan tewas dalam bencana ini. Kejadian ini menyebabkan kerugian terbesar yang pernah diketahui dalam sejarah maritim tenggelamnya kapal.

RMS Empress of Ireland

FOTO: Gilbertus/wikipedia

Kapal laut Kanada ini tenggelam di Sungai Saint Lawrence setelah bertabrakan dengan collier Norwegia pada dini hari tanggal 29 Mei 1914. Kecelakaan itu merenggut nyawa 1.012 orang (840 penumpang, 172 awak). Collier kecil menabrak sisi kanan kapal karena kabut tebal. Banyak orang di bagian bawah kapal tenggelam seketika. dari kejadian ini hanya 465 orang yang selamat. 

MV Le Joola

FOTO: Yaamboo/wikipedia

Pada tanggal 26 September 2002, kapal ferry milik pemerintah Senegal ini tenggelam di dekat pantai wilayah Gambia. Sebenarnya kapal ini berkapasitas 580 orang tapi pada saat itu diperkirakan hampir 2.000 orang yang berada diatas kapal. Seperti dalam film Titanic, para penumpang sedang asyik berpesta dan berdansa ditengah alunan grup band kapal. Sekitar pukul 11 malam kapal dihantam badai dan ombak besar. Dengan cepat kapal tenggelam, dan mengakibatkan 1.863 nyawa melayang.

RMS Titanic

FOTO: Jordi/wikipedia

Siapa yang tidak kenal Titanic? Tenggelamnya Titanic merupakan kecelakaan kapal paling terkenal. Kapal pesiar mewah ini diklaim paling canggih di masanya, bahkan pembuatnya sesumbar Tuhan pun tak bisa menenggelamkannya. Namun dalam pelayaran perdananya dari Inggris ke New York, Titanic menabrak gunung es. 

Kecelakaan itu terjadi pada 15 April 1912 di lautan Atlantik Utara. Total ada 1.514 korban yang meninggal dunia. Sebuah film berjudul Titanic dibuat untuk mengenang para korban. Film yang diperankan oleh Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio itu sukses di puncak box office dan populer hingga kini.

SS Republic, 1865 

FOTO: titanic-titanic.com

Di lepas pantai Georgia, pada Oktober 1865, Kapal Republic tertelan laut bersama dengan barang-barang berharga yang di bawanya. Kapal itu tenggelan dengan barang bawaanya yang berharga yakni ribuan ton kon perak dan emas. 

Namun uniknya, seluruh kru kapal dan penumpang berhasil turun dengan selamat sebelum kapal kandas, sehingga ini menjadi salah satu bangkai kapal terkenal yang tidak membawa korban jiwa bersamanya.

Lokasi kapal masih belum diketahui sampai 2003, sebuah pencarian ekstensif sekitar 100 mil lepas pantai Georgia di kedalaman hampir 1.700 meter. Pada saat pengangatan kapal, ebih dari 51.000 buah koin emas dan perak AS diangkat bersama dengan hampir 14.000 artefak. *** (SS)

SHARE