Mengapa kepastian Itu Penting untuk Romansa? - Male Indonesia
Mengapa kepastian Itu Penting untuk Romansa?
MALE ID | Relationships

Pernah Anda menanyakan atau berpikir mengapa kepastian selalu dititikberatkan wanita, sebuah hubungan yang hanya sebatas temann tapi mesra atau bentuk komitmen yang memang terjalin serius. Ternyata hal ini ada kaitannya dengan pentingnya romantisme dan hasrat mereka terhadap pasangannya.

kencan panas male indonesiaPexels.com

Sebuah studi yang dilakukan Harry Reis, profesor psikologi di University of Rochester menemukan bahwa ketidakpastian tentang minat calon pasangan romantis dapat menimbulkan kekurangan ketertarikan mereka secara seksual. "Orang-orang dapat melindungi diri dari kemungkinan penolakan yang menyakitkan dengan menjauhkan diri dari pasangan yang berpotensi menolak," ucap Harry Reis dalam laman futurity.

Lebih lanjut, Reis mengungkapkan bahwa orang-orang dalam hal ini wanita, memiliki tingkat hasrat lebih tinggi ketika mereka merasa yakin tentang minat dan penerimaan pasangan. Hal ini juga selaras dengan apa yang dikatakan oleh Gurit Birnbaum, seorang psikolog sosial dan profesor psikologi di Pusat Interdisipliner, menurutnya hasrat yang dirasakan wanita itu berfungsi sebagai indikator perasaan akan kecocokan pasangan yang memotivasi orang untuk mengejar hubungan romantis.

Studi ini dilakukan enam kali yang di antaranya merupakan hasil eksperimental dan beberapa catatan harian. Para peneliti memeriksa dalam situasi apa ketidakpastian tentang niat romantis pasangan akan memengaruhi keinginan hasrat ketertarikan dalam hubungan romantis mereka.

Lebih mencengangkannya, kepastian dalam hubungan tidak hanya menimbulkan hasrat ketertarikan pada romansa wanita, tetapi penelitian yang dilakukan enam kali itu, para peneliti yang terlibat menemukan bahwa, perasaan kepastian hubungan yang lebih besar meramalkan keinginan yang lebih besar untuk berhubungan seks dengan pasangan.

Gurit Birnbaum mengatakan ketidakpastian sangat mengancam dan menghancurkan untuk kesejahteraan pribadi dan hubungan dalam hubungan yang telah mapan yang paling tidak diharapkan. Ia juga mengatakan bahwasanya kepastian tidak hanya diperlukan oleh wanita, bahkan pria pun membutuhkan kepastian itu. 

Beberapa pria pun membutuhkan kepastian itu dari wanita. Mereka tidak mengharapkan wanita yang hanya sekadar mengumbar senyum dan seolah-olah menunjukan perasaan namun tidak ingin terikat dengan hubungan atau berkomitmen.

Studi ini didasarkan pada perdebatan lama tentang keingintahuan minat romantis pasangan atau calon pasangan soal "kepastian", apakah wanita dan pria memiliki kadar yang menurun atau meningkat terkait kepastian yang didapatkan dari pasangannya. *** (SS) 

SHARE