Sayonara Asimo, Robot Humanoid Buatan Honda | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Sayonara Asimo, Robot Humanoid Buatan Honda
Gading Perkasa | Digital Life

Robot humanoid ciptaan Honda Motor Company, Asimo, agaknya cukup populer dalam 20 tahun terakhir. Sayang sekali, robot cerdas dan yang ramah itu sebentar lagi pensiun.

Vanillase/wikipedia

28 Juni 2018 lalu, Honda telah mengumukan akan menghentikan pengembangan robot humanoid Asimo. Sebagai gantinya, pabrikan sayap terkembang asal Jepang tersebut berfokus pada pengembangan robot yang lebih praktis, khususnya di bidang transportasi.

Sejak awal tahun 2018, teknologi self balancing sudah diaplikasikan di sepeda motor Honda. Teknologi ini berfungsi menjaga agar sepeda motor tetap tegak lurus saat berada pada kecepatan di bawah 5 kilometer per jam.

Pengembangan robot humanoid Asimo dimulai pada tahun 1986. Sempat beberapa kali dihadirkan ke tanah air, sang robot mengawali debutnya di tahun 2000 dan menginjak Negeri Paman Sam pada 2007.

Dalam 20 tahun terakhir, pabrikan Honda telah menciptakan sedikitnya tujuh versi robot Asimo. Ia disebut-sebut sebagai robot paling pintar dan canggih di dunia, dengan tinggi 130 cm dan berat 54 kg. Versi terbarunya diperkenalkan ke publik tahun 2011.

Selama ‘hidupnya’, robot Asimo cukup menginspirasi berbagai pihak, khususnya kalangan muda untuk menciptakan model serupa. Bahkan kemampuannya juga setara, yaitu bisa menyapa manusia serta melakukan pekerjaan ringan.

Kendati Honda memutuskan tidak lagi mengembangkan Asimo, teknologi yang berkontribusi pada beragam inovasi tetap digarap, hanya saja dialihkan ke bagian lain.

Sebagai contoh, Honda telah meluncurkan empat robot baru yang mengadopsi dari teknologi Asimo. Antara lain teknologi mobil Honda (ATV otonom) dan perangkat rehabilitasi terapi fisik menggunakan teknologi berjalan (kursi roda robotik).

Perangkat kursi roda robotik bisa digunakan baik di dalam maupun luar ruangan. Dengan teknologi menggerakkan kaki melalui motor, Honda berharap perangkat ini dapat membantu orang-orang cacat atau lanjut usia.

Lantas, apakah itu artinya Honda mengibarkan ‘bendera putih’ pada pembuatan robot? Pastinya tidak. Seperti dilansir Nikkei Asian Review, tim inti pengembangan Asimo dilahirkan kembali sebagai R&D Center X.

Tim baru tersebut akan memimpin strategi robot perusahaan. Mereka bahkan berniat mengembangkan Asimo 2.0 dalam beberapa tahun mendatang. [GP]

SHARE