Kantong Kecil di Celana Jeans, Apa Fungsinya? - Male Indonesia
Kantong Kecil di Celana Jeans, Apa Fungsinya?
MALE ID | Looks

Pernah bertanya-tanya mengapa ada kantong kecil di saku celana jeans? Atau, jari Anda sering tersangkut di kantong itu saat akan mengambil sesuatu?

celana jeans - male Indonesiamaxpixel.net

Memang, masalah kantong kecil yang ‘menyelinap’ di saku celana jeans ini senantiasa menjadi perbincangan dan perdebatan banyak orang, khususnya kaum adam.

Tapi sebelum menjawab pertanyaan yang membuat penasaran tersebut, ada baiknya Anda tahu bagaimana sejarah kantong kecil di celana terlebih dahulu. Celana jeans, pertama kali dibuat di kawasan Genoa, Italia.

Kantong atau saku kecil ini lahir akibat pengaruh para penambang emas asal Amerika di tahun 1848. Kala itu, Negeri Paman Sam tengah dilanda ‘demam emas’ dan membuat siapa saja memburunya.

Seseorang bernama Levi Strauss lantas menciptakan celana dari kain kanvas guna memudahkan penambang menyimpan butiran emas mereka. Ia bahkan menyertakan saku kecil di bagian pinggang celana.

Para penambang rupanya menyukai ide brilian Levi Strauss. Sebab, celana kanvas yang mereka pakai tergolong kuat, aman dan tidak mudah robek.

Seiring berjalannya waktu, celana rancangan Levi Strauss bukan hanya dibuat bagi penambang semata, melainkan juga dipasarkan ke berbagai macam kalangan.

Bahan kanvas mulai ditinggalkan, dan beralih menggunakan kain khusus yang dibeli langsung dari Genoa. Menurut sejarah, setelah penambang, pemakai terbesar celana jeans adalah para koboi.

Kantong yang sebelumnya berfungsi sebagai tempat menyimpan butiran emas, oleh koboi diubah menjadi tempat jam saku. Mereka biasa mengaitkan jam sakunya pada rantai supaya tetap aman.

Fakta itu terkuak usai lama Quora, berisi sejumlah pakar tekstil, menjawab rasa penasaran publik selama ini.

“Pada era awal terciptanya celana jeans, orang-orang masih menggunakan jam saku. Kantong tersebut sengaja dibuat untuk menyimpan jam,” tulis Janoskova, salah satu ahli tekstil.

“Di tahun 1800-an, para koboi menggantukan jam saku mereka di rantai dan menyelipkannya di ikat pinggang. Levi Strauss membuatnya agar koboi lebih aman ketika berkuda.”

Menariknya, kendati celana telah dibuat dengan berbagai macam bahan dan desain, kantong ini tetap ada sampai sekarang. Karena fungsinya sebagai tempat menyimpan koin, kunci kecil, kancing yang terlepas atau korek api.

Jadi rasa penasaran MALEnials mengenai kantong di celana jeans sudah sepenuhnya terjawab bukan? [GP]

SHARE