Kaviar, Sajian Mewah Para Bangsawan Rusia - Male Indonesia
Kaviar, Sajian Mewah Para Bangsawan Rusia
MALE ID | Relax

Ketika berbicara mengenai sajian mewah, salah satu yang mungkin terbesit dalam pikiran Anda pastilah kaviar. Nama itu berasal dari bahasa Turki, khavyar, yang berarti telur.

Torange.biz

Kini, banyak orang yang menggunakan kata kaviar untuk merujuk pada telur ikan mentah. Walaupun sajian mewah kaviar sesungguhnya berupa telur ikan mentah yang diambil dari ikan sturgeon. Baru kemudian diberi garam supaya dapat bertahan cukup lama.

Di tanah Turki, kaviar sudah ada sejak abad ke-4 sebelum Masehi. Sementara di Inggris, kata kaviar sendiri muncul pada 1591. Berawal dari Negeri Kebab, para tsar Rusia lantas menjadikannya makanan khusus bagi kalangan atas.

Maka jangan heran, menginjak abad ke-16, telur ikan bak mutiara hitam ini perlahan-lahan dihidangkan di meja makan para bangsawan Eropa dan Rusia. Namun, dunia internasional baru mengenal kaviar asal Rusia sebagai salah satu sajian mewah di abad ke-19.

Terkesan ingin menyaingi Rusia, Negeri Paman Sam, Amerika juga ikut-ikutan memproduksi kaviar menggunakan ikan sturgeon dari Sungai Delaware di tahun 1873 dan menjadi negara penghasil kaviar terbesar kedua.

Tapi sayang, beberapa tahun berselang, tepatnya pada 1910, ikan sturgeon di sungai tersebut mulai hilang dan punah akibat produksi kaviar yang berlebihan. Mau tidak mau, kaviar semakin langka dan harganya melambung tinggi.

Layaknya keju dan wine, ada sejumlah faktor yang menentukan seberapa baik kualitas kaviar. Kaviar terbaik diperoleh dari ikan berumur ‘matang’. Contohnya sevruga caviar yang dihasilkan oleh ikan stellate sturgeon berumur 20 tahun.

Laia Solanellas/wikipedia

Warna dan aroma telur juga penting. Semakin mengilap, tidak pucat, dan beraroma laut segar, maka semakin baik kualitasnya. Belum lagi dari segi ukuran. Umumnya, telur ikan berukuran sebesar kacang polong dianggap sesuai untuk dijadikan kaviar.

Dari sekian banyak jenis, ada empat macam kaviar yang cukup dikenal orang. Antara lain beluga, osetra, sevruga dan pressed. beluga caviar dihargai paling tinggi karena kelangkaannya.

Setiap satu kilogram beluga caviar berkisar di angka 7.000 hingga 12.000 USD. Bahkan khusus beluga caviar jenis almas dapat mencapai 35.000 USD. Kaviar berwarna putih ini diambil dari ikan beluga berumur 100 tahun.

Ketika hendak memakannya, Anda tidak boleh sembarangan. Beluga caviar harus disantap dengan sendok berbahan mutiara. Tahu kenapa? Sendok logam akan merusak cita rasanya. [GP]

SHARE