Teliti! Ciri Air Minum Anda Sudah Tercemar | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Teliti! Ciri Air Minum Anda Sudah Tercemar
Sopan Sopian | Sex & Health

Banyak ahli yang menyebutkan bahwa air minum yang paling sehat untuk dikonsumsi adalah air putih. Lantaran hal itu, tak heran jika setiap orang disarankan untuk mengonsumsi 6-8 gelas atau 1,5-2 liter air putih per hari, bahkan lebih.

Air Minum - male Indonesiapixabay.com

Meski begitu, ada baiknya Anda waspada dengan kualitas air putih yang Anda konsumsi. Mengapa? Pasalnya, banyak air putih yang ternyata sudah tercemar. Hal itu bahkan diperjelas dalam publikasi resmi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

WHO melaporkan, sekitar 2 miliar lebih orang di muka bumi mengonsumsi air minum yang tercemar bahan-bahan berbahaya. Apakah air yang Anda konsumsi steril alias tidak tercemar?Jika masih bingung, berikut beberapa ulasan yang menguak tanda-tanda air putih yang Anda konsumsi tercemar atau tidak.

1. Memiliki Rasa yang Aneh dan Berbau
Jika tanda-tanda ini terjadi, alangkah baiknya air putih itu tidak Anda konsumsi. Sebab, kemungkinan besar air tersebut sudah tercemar dengan logam seperti arsenik, kromium, atau timbal, hingga senyawa organik sintetis.

2. Berwarna Keruh
Tanda yang satu ini tentunya bisa dilihat dengan kasat mata. Perhatikan apakah air terlihat keruh berawan atau bening. Warna air minum yang keruh umumnya disebabkan oleh sejumlah partikel mikroba yang tidak bisa terlihat dengan jelas. Padahal, pada proses penyulingan, umumnya warna air yang bening merupakan kunci penting untuk menguji seberapa baik kualitas air tersebut.

3. Meninggalkan Noda
Air minum yang terkontaminasi umumnya akan meninggalkan jejak pada benda-beda tertentu. Cek, apakah air minum yang biasa Anda minum meninggalkan warna seperti hijau kebiruan. Jika hal itu terjadi, bisa dibilang air minum Anda terkontaminasi oleh tembaga atau zat klorin.

Di sisi lain, menurut Layanan Penyuluhan di negara bagian Amerika North Carolina, setidaknya ada empat jenis zat kontaminasi yang dapat mencemari air minum, yakni bakteri seperti salmonella dan disentri, pestisida, senyawa anorganik seperti arsenik dan timbal, dan unsur radioaktif seperti radon.

Empat zat tersebut bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan. Gejala awal biasanya mual, muntah, diare dan kram perut. Nah, lebih baik mencegah sejak dini. Jangan anggap sepele, kesehatan adalah investasi masa depan. *** (SS)

SHARE