Celana Makin Sempit! Coba Minum Cuka Apel - Male Indonesia
Celana Makin Sempit! Coba Minum Cuka Apel
Gading Perkasa | Sex & Health

Manfaat cuka sari apel untuk keperluan pengobatan sudah lama diketahui dan dipraktikkan. Mulai dari mengecilkan jerawat, membasmi ketombe, bahkan dipercaya sebagian besar orang mampu menurunkan berat badan.

cuka sari apel - Male Indonesiapixabay.com

Tidak sedikit juga yang mencampur cuka sari apel ini ke dalam minuman teh, smoothie atau meminumnya secara langsung. Bahan utamanya adalah sari apel yang ditambahkan ragi (proses fermentasi).

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carol Johnston, direktur program nutrisi Arizona State University, larutan asam asetat memang mampu menurunkan berat badan.

Saat mengonsumsi larutan asam asetat berjumlah kecil seperti terkandung dalam cuka sari apel, metabolisme tubuh akan aktif. Inilah yang membantu tubuh membakar lemak guna diolah menjadi energi.

Seperti dilansir dari Mens Health, riset yang menggunakan tikus gemuk sebagai subjeknya ini kehilangan lemak dalam jumlah besar ketika diberi larutan tersebut.

Riset yang diterbitkan dalam jurnal Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry juga melaporkan bahwa rata-rata manusia kehilangan 1,8 kilogram dalam waktu 12 minggu setelah mengonsumsi 1-2 sendok makan cuka sari apel yang diencerkan.

“Asam asetat yang terdapat pada cuka bisa membantu seseorang mengendalikan nafsu makan,” tutur Carol.

Cuka sari apel terbukti paling efektif sebagai minuman pendamping diet makanan yang mengandung zat tepung. Karena asam memperlambat pencernaan zat pati, maka seseorang merasa kenyang lebih lama dan membantu efektivitas diet.

Di samping itu, meminum cuka sari apel sebelum mengonsumsi zat tepung dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Walau berpotensi menurunkan berat badan, kita tak bisa melihat hasilnya secara langsung. “Cuka bukan peluru ajaib untuk menurunkan berat,” katanya.

Ia telah melakukan riset yang membuktikan, bahwa cuka apel mengurangi berat badan sebanyak 0,5-1 kilogram usai dikonsumsi selama 12 minggu.

Kalau Anda melahap makanan dengan kandungan pati tinggi seperti kentang dan nasi, Anda bisa meminum cuka apel agar tubuh mudah mencernanya.

Beberapa pakar menyebutkan, masih banyak produk cuka apel yang mengandung bongkah bakteri dan ragi selama proses fermentasi. Uniknya, kedua kandungan itu dipercaya bisa meningkatkan manfaat kesehatan dari cuka sari apel. [GP]

SHARE