Menjawab Pertanyaan Mengerikan di Wawancara Kerja | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Menjawab Pertanyaan Mengerikan di Wawancara Kerja
Gading Perkasa | Works

Sebelum menghadapi wawancara kerja, biasanya Anda mencari informasi lebih lanjut mengenai seluk-beluk perusahaan yang akan dituju. Hal itu sangat berguna supaya Anda bisa menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan pewawancara nantinya.

wawancara kerja - Male Indonesiapexels.com

Namun, beberapa pertanyaan di proses wawancara kerja cenderung menjebak dan sulit menemukan jawabannya. Salah satunya yaitu, “Mengapa kami harus merekrut Anda? Apa yang membuat Anda cocok di posisi ini?”.

Cara terbaik untuk merespon sang pewawancara adalah berfokus menceritakan hal yang menjelaskan mengapa keterampilan dan kemampuan Anda bikin Anda layak memperoleh pekerjaan tersebut.

Ambil sedikit celah guna membandingkan deskripsi pekerjaan dengan kemampuan. Bisa juga menyertakan keunggulan lain yang tidak terkait pekerjaan itu. Katakan secara tegas, jangan bertele-tele.

Sehingga, Anda harus paham perihal deskripsi kerja. Meliputi karakter yang dibutuhkan, keterampilan dan kualifikasinya. Jauh lebih baik bila Anda mengetahuinya secara spesifik.

Pastikan telah menyesuaikan antara kemampuan dan kualifikasi yang telah ditetapkan. Tujuannya, Anda dapat menjawab pertanyaan bukan dengan jawaban klise, melainkan benar adanya.

Mulailah lewat pernyataan, bahwa Anda yakin diri Anda merupakan yang mereka cari. Serta bagaimana Anda memenuhi kriteria mereka. Tonjolkan keunikan Anda tanpa ragu-ragu.

Kalau sudah begini, pewawancara akan melihat perbedaan Anda dibandingkan pelamar lain. Tidak usah semua, ceritakan saja pengalaman kerja Anda di masa lalu.

Mau tahu apa jawaban terbaik menghadapi pertanyaan “Mengapa saya harus menerima Anda?” di wawancara kerja? Berikut contohnya seperti dikutip dari berbagai sumber.

  1. Saya berpengalaman di industri ini. Kemampuan saya bekerja pasti cocok dengan posisi yang ditawarkan.
  2. Saya punya kecerdasan, pengalaman dan komunikasi yang sangat baik. Sehingga, saya ingin menjadi aset berharga bagi perusahaan.
  3. Perusahaan ini menyediakan banyak sekali pelayanan yang sesuai pengalaman saya sebelumnya. Saya yakin cukup familier dan mudah beradaptasi.
  4. Selama enam tahun saya di posisi sebagai creative designer (contoh), saya mampu membentuk tim yang kompak dan penuh motivasi. Bahkan saya menerima penghargaan sebagai best creative designer tiga kali berturut-turut. Bila diterima di perusahaan ini, saya akan membawa sekaligus mengembangkan kemampuan yang sudah diperoleh untuk pencapaian target perusahaan.
  5. Saya punya kemampuan editing cukup baik, dan yakin akan sangat diperlukan oleh perusahaan. Saya menikmati bekerja sama dengan orang banyak. [GP]
SHARE