Suka Nonton Bola Ternyata Ada Manfaat Kesehatannya | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Suka Nonton Bola Ternyata Ada Manfaat Kesehatannya
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Menonton sepak bola sudah menjadi rutinitas pria. Setiap ada jadwal pertandingan tim atau club unggulan tentu rela untuk menontonnya. Dibalik perjuangan Anda menonton sepak bola, ternyata menikmati olahraga satu ini tidak hanya memiliki manfaat saat dimainkannya, saat menontonnya baik menonton langsung atau di televisi memiliki manfaat bagi tubuh.

menonton sepak bola - Male IndonesiaPhoto by Gustavo Ferreira on Unsplash

Setiap reaksi yang timbul saat menonton sepak bola, akan membuat otak bekerja hingga membakar kalori, sehingga membuat tubuh menjadi sehat. Bahkan menonton sepak bola memiliki manfaat tambahan ketika menontonnya ramai-ramai.

Dikatakan Renee Clauselle, PsyD, pemilik klinik psikologi pribadi di Long Island, NY, Saling terikat karena olahraga, baik menang atau kalah, akan menguatkan ikatan, membantu orang merasa didukung, dan membuat orang lebih mudah terbuka mengenai hal-hal pribadi. Selain itu masih ada manfaat lain, seperti apa itu?

Mengurangi Stres
Penelitian dari University of Alabama mengatakan, menonton sepakbola  mampu mengendalikan otak Anda jauh dari gejala stres. Hormon stres dari tubuh bisa hilang secara perlahan, karena otak dan tubuh mendambakan kesenangan, dan bereaksi positif ketika menonton sebuah pertandingan sepakbola.

Meningkatkan Fungsi Otak
Menonton olahraga seperti sepak bola, akan membuat hormon di otak bekerja dengan baik. Penelitian dari University of Chicago menyatakan bahwa, ketika menonton pertandingan olahraga seperti sepak bola, ada peningkatan aktivitas di neuron motorik otak, yaitu ketika Anda melihat pemain bergerak dari sisi yang satu ke sisi yang lainnya.

Meningkatkan hormon testosteron
Dukungan antusias yang Anda berikan ketika tim sepakbola favorit Anda bertanding, akan membuat hormon testosteron meningkat 29 persen. Leander van der Meij, Ph.D. peneliti dari Vrije University Amsterdam mengatakan, meskipun Anda tidak bisa memengaruhi hasil dari permainan, namun ketika otak dan tubuh Anda sedang mempersiapkan untuk membela tim favorit, hal tersebutlah yang  membuat hormon testosteron meningkat.

Efektif membakar Kalori
Ketika menonton pertandingan sepak bola, neuron motorik otak dan tubuh bekerja dengan baik, karena saraf motorik Anda bergerak mengikuti pemain sepak bola, maka hal ini berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah studi dari Inggris mengatakan bahwa, ketika neuron motorik bekerja, maka ada 100 kalori dalam tubuh yang terbakar. *** (SS)

SHARE