Tak Semua Pengguna Bisa Nikmati Durasi Penuh IGTV | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tak Semua Pengguna Bisa Nikmati Durasi Penuh IGTV
Sopan Sopian | Digital Life

Rabu pertengahan Juni 2018 lalu menjadi hari inovasi baru dari Instagram. Karena pada hari itu, Instagram meluncurkan fitur baru yang konon dapat menyaingi Youtube, yakni IGTV atau Instagram Tv.

Foto: Pxhere.com

Melansir laman resmi Instagram, Instagram Tv atau IGTV adalah sebuah aplikasi yang memfasilitasi penggunanya untuk membuat video dalam durasi panjang. Perbedaan dengan Youtube, pengguna bisa merekam video dengan menggunakan ponselnya dalam bentuk vertikal dan pastinya full screen.

Disebut IGTV, layanan terbarunya itu rencananya untuk menampilkan video dari selebriti internet yang jumlahnya terus meningkat hingga hewan peliharaan yang punya puluhan juta pengikut di media sosial. 

Instagram Tv atau IGTV sendiri berbeda dari video instagram yang hanya berdurasi 1 menit. IGTV dapat digunakan untuk merekam video sampai dengan satu jam lamanya. Meski memiliki durasi yang cukup panjang, tidak semua pengguna mendapatkan fasilitas durasi tersebut.

Pasalnya, followers-lah yang dapat menentukan durasi 1 jam tersebut. Bahkan hanya akun yang memiliki centang biru alias terverifikasi. Artinya mereka yang tak cukup banyak maka unggahan IGTV dibatasi sampai 10 menit saja. 

Kendati seperti itu, nampaknya hal ini menjadi angin segar bagi pengguna media sosial berbagi foto ini. Karena mereka bisa memperpanjang durasi untuk video mereka. 

Penggunaan Instagram Tv
Penggunaan Instagram Tv atau IGTV cukup mudah. Bagi mereka yang ingin menonton channel IGTV bisa langsung digunakan untuk menonton video setelah aplikasi dibuka. Letaknya berada di sudut kanan berikon televisi itu sendiri.

Semua yang memiliki channel baik akun yang Anda follow atau tidak, bisa terlihat di sini. Jika Anda terganggu, IGTV tidak mengharuskan penggunanya untuk menonton video orang-orang yang di-follow saja. Tersedia fitur yang bisa melakukan filter berdasarkan interest Anda atau pengguna.
 
Cara untuk Anda memfilter channel IGTV, Anda bisa melakukan swipe up untuk merubah mode "For You" menjadi "Following", "Popular", dan "Continue Watching". Selain itu Anda juga bisa melakukan like, meninggalkan komentar, dan juga mengirimkan video IGTV ke Direct Messages.

Tidak berhenti hanya menikmati video saja, IGTV juga memungkinkan penggunanya membuat channel. Caranya setelah masuk pada fitur IGTV, Anda hanya menekan ikon gerigi di atas menu Continue Watch, kemudian Anda memilih Create Chanel

Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan notifikasi beberapa fitur yang hadir dala IGTV, dan langsung saja menekan tombol Next hingga muncul Create Channel. Setelah tombol Create Channel maka Instagram secara otomatis akan membuatkan Channel sesuai dengan nama akun Instagram yang digunakan

Sayangnya, berbeda dengan YouTube yang bisa menghasilkan uang, Instagram menyatakan tak akan membayar konten apapun, dalam waktu dekat ini, dan layanan itu diluncurkan tanpa iklan di dalamnya. tetapi perusahaan riset eMarketer mengatakan Instagram mengharapkan akan memiliki iklan pada akhirnya. *** (SS)
 

SHARE