Aturan Penting Melihat Keindahan Rafflesia Arnoldi - Male Indonesia
Aturan Penting Melihat Keindahan Rafflesia Arnoldi
MALE ID | Relax

MALEnials, punya rencana melihat bunga Rafflesia Arnoldi atau padma raksasa dalam waktu dekat? Well, tidak usah terburu-buru. Mencari bunga ini yang tengah mekar sempurna tidak mudah dilakukan, lho.

SofianRafflesia

Rafflesia Arnoldi merupakan tumbuhan yang berkembang secara sporadis. Jadi, akan sulit memprediksi kapan bunga tersebut mekar dan mati.

Selain itu juga ia agak sensitif terhadap cuaca di sekitarnya. Sehingga, penentuan waktu berkunjung sangat penting bagi perjalanan Anda berburu bunga ini. Supaya tidak berakhir sia-sia, pahami berbagai aturan penting berikut. Let’s go!

Mencari Bulan Mekar
Meski sulit menentukan masa suburnya, para peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memastikan bahwa sekitar bulan Juni, Juli dan Agustus sebagai waktu tumbuh Rafflesia Arnoldi.

Jadi, selain ketiga bulan tersebut, bisa dipastikan Anda tidak akan menemukannya bermekaran di tengah hutan.

Memaksimalkan Waktu
Rafflesia memerlukan waktu sekitar sembilan bulan buat tumbuh. Sayangnya, Anda hanya diberikan waktu 5-7 hari supaya bisa melihat sang bunga mekar. Setelah itu, Rafflesia akan layu dan mati. So, maksimalkan waktu yang ada.

Lokasi Tumbuh
Rafflesia tumbuh sempurna di dalam hutan pengunungan serta dataran rendah tropis. Bengkulu adalah habitat terbaik bagi bunga Rafflesia. Sedangkan di Pulau Jawa, pergilah ke kawasan Pangandaran guna menyaksikan keindahannya.

Hindari Inang
Melihat bukan berarti Anda boleh merusaknya. Sejak bunga Rafflesia sangat bergantung pada inang, pastikan bahwa Anda tidak menginjaknya sewaktu berfoto atau sekadar melihat dari dekat. Jika rusak, ia akan mudah mati di kemudian hari.

Jarak Lima Meter
Agar terhindar dari kerusakan, Anda disarankan berdiri dalam jarak sekitar lima meter. Hal ini bertujuan menjaga inang dari bunga Rafflesia tetap hidup tanpa gangguan.

Hindari Kontak Fisik
Kontak fisik dengan bunga Rafflesia merupakan hal yang cukup berbahaya. Selain merusak bunga, tangan Anda akan terpapar bakteri usai menyentuhnya.

Itu disebabkan bunga Rafflesia merupakan tumbuhan parasit, habitat hutan tropis, yang memiliki banyak sekali bakteri alam.

Ajak Tour Guide
Jika Anda merasa tidak punya pengetahuan mumpuni terkait Rafflesia Arnoldi, jangan ragu meminta bantuan dari tour guide. Ia lebih mudah menemukan lokasi bunga, dan Anda bakal memperoleh berbagai saran soal apa yang boleh dilakukan dan tidak. [GP]

SHARE