Tampil Elegan Ala Gentleman dengan Jam Mekanik - Male Indonesia
Tampil Elegan Ala Gentleman dengan Jam Mekanik
MALE ID | Looks

Penggunaan jam tangan mekanik dewasa ini memang sudah jarang ditemui. Pasalnya, zaman berkembang semakin maju. Kaum adam cenderung tertarik mengenakan smartwatch atau jam tangan pintar nan canggih.

Peter Milosevic

Namun bila Anda tertarik membangkitkan old fashion, item ini sangat pas untuk Anda pakai. Jam tangan mekanik boleh dibilang sebagai pelopor jam tangan kekinian, atau dikenal juga dengan istilah quartz.

Keunggulan dari jam tangan mekanik adalah, ia memiliki nilai sejarah tersendiri, sebab telah melintasi beberapa generasi. Apakah MALEnials mau memakainya? Sebaiknya ketahui lebih dulu serba-serbi terkait jam tersebut.

Menghasilkan Sekitar 18 Ribu Ketukan per Jam
Jika dihitung secara matematis, jam mekanik sanggup menghasilkan sekitar 18 ribu ketukan per jam. Sementara ketika dihitung berdasarkan seberapa banyak jarum jam bergerak dan berhenti selama satu hari, akan mencapai 432 ribu kali dan lebih dari 157 juta kali setiap tahun.

Punya Nilai Tersendiri
Salah satu alasan terkuat seseorang sewaktu membeli jam mekanik tak lain dan tak bukan adalah jam ini punya nilai tersendiri. Bagaimana tidak, sebelum menjadi jam mekanik, pembuatnya harus melalui bermacam proses yang tergolong lebih rumit dibandingkan pembuatan jam tangan quartz.

Atas dasar itulah, jam mekanik memiliki nilai seni tinggi sekaligus lebih prestisius, dan bisa Anda jadikan investasi.

jam tangan mekanik  -male Indonesiapexels.com

Sudah Eksis Sejak Pertengahan Abad ke-18
Sistem mekanikal yang terdapat pada jam tersebut sejatinya sudah eksis kira-kira sejak Negeri Paman Sam menyatakan kemerdekaannya. Tahu kapan? Sekitar tahun 1776, kala Indonesia masih dijajah. Sudah sangat tua ya.

Tak Butuh Daya Baterai
Sebuah ciri khas yang melekat pada jam mekanik yaitu tidak membutuhkan daya baterai sama sekali sebagai energi, melainkan energi kinetik.

Energi kinetik muncul saat Anda melakukan gerakan terhadap jam itu, sehingga dikonversi menjadi energi guna menjalankan kedua jarum jam.

Perawatannya Bidak Boleh Sembarangan
Karena proses pembuatannya memakan waktu lama dan tingkat kerumitannya tinggi, maka perawatannya juga tidak boleh sembarangan seperti jam tangan pada umumnya.

Anda harus lebih sering memperhatikan tiap komponen jam, jangan sampai ada yang rusak atau macet satu pun agar tidak berdampak kepada keseluruhan komponen.

Mengenai padu padannya, Anda bisa memakai outfit bergaya formal. Seperti atasan kemeja dan blazer, sedangkan bawahannya celana bahan dan sepatu pantofel atau monk strap. Tambahkan topi fedora sebagai aksesoris tambahan. 

SHARE