Senjata Baru dari Korea di Industri Mobil Listrik - Male Indonesia
Senjata Baru dari Korea di Industri Mobil Listrik
MALE ID | Sport & Hobby

Kia, produsen otomotif asal Korea Selatan secara resmi merilis mobil listrik terbarunya. Bernama Niro EV, yang telah diluncurkan di ajang Busan International Motor Show (BIMS) 2018.

Kia News Center

Sebelumnya, mobil listrik Kia ini muncul pertama kali di ajang Consumer Electronic Show (CES), serta versi produksinya di ajang International Electric Vehicle Expo, Jeju, Korea Selatan.

Mengusung konsep full electric vehicle alias tidak memiliki mesin pembakaran internal, Kia membekali mobil Niro EV dengan satu motor listrik lengkap paket baterainya.

Motor listrik yang menjadi satu-satunya sumber tenaga mobil ini menjanjikan semburan tenaga mencapai 201 HP dan torsi sebesar 395 Nm. Bermodal mesin itulah, Kia Niro EV memiliki kemampuan berakselerasi dari 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 7,8 detik.

Seperti dilansir Autocar, motor listrik Kia Niro EV dilengkapi baterai lithium-polymer (dua pilihan paket). Paket baterai pertama sebesar 39,2 kWh, mampu diajak bermanuver hingga 240 kilometer dalam satu kali pengisian penuh.

Lalu pilihan lainnya berkapasitas baterai lebih tinggi, 64 kWh yang bisa bertahan menempuh jarak sejauh 380 kilometer. Untuk mengisi daya ulang baterai, pemiliknya bisa menggunakan fast charger berdaya 100 kW hingga 80% hanya dalam waktu 54 menit saja.

Perbedaan tampilan mobil listrik terbaru Niro dari versi hibrida yang sudah mengaspal lebih dulu terletak pada bagian grille depan (disisipi port pengisian daya).

Berikutnya, fitur daytime running light (DRL) seperti anak panah. Selain itu kesan modern sangat kental di bagian belakang mobil karena disematkan lampu LED.

Kia News Center

Di bagian interior, warna hitam yang mendominasi bercampur biru agar senada dengan aksen di sektor eksterior. Konsol tengahnya memiliki tuas transmisi layaknya mobil konvensional yang mudah mengatur mode berkendara.

Belum lagi layar sebesar 7 inci yang berfungsi menampilkan beragam informasi ke pengendara, termasuk informasi mengenai kapasitas baterai mobil.

Sebagai tambahan, Kia Niro EV dilengkapi driver assistance system. Meliputi automatic emergency braking dan lane-keeping assist. Teknologi otonom level 2 serupa milik Volkswagen Group membuat mobil bisa melaju sesuai jalur.

Sampai sejauh ini, pihak Kia mengaku bahwa produk terbaru mereka telah dipesan sebanyak 5.000 orang di Korea, kendati baru akan dipasarkan secara resmi di akhir 2018.

Niro EV merupakan bagian dari strategi ACE (autonomous, connected, dan eco/electric) Kia, dengan rencana penawaran 16 kendaraan yang didukung listrik pada 2025 mendatang. [GP]

SHARE