Teknik Canggih Bassist Red Hot Chili Peppers - Male Indonesia
Teknik Canggih Bassist Red Hot Chili Peppers
MALE ID | News

Red Hot Chili Peppers merupakan salah satu band bergenre alternative rock paling berpengaruh sepanjang masa. Berawal dari hiruk-pikuk musik punk di Los Angeles, Amerika Serikat era 80-an, perlahan fanbase mereka mulai tumbuh seiring banyaknya panggung yang mereka guncang.

 Stefan Brending/wikipedia

Maka jangan heran, bila sampai detik ini Red Hot Chili Peppers menjadi favorit semua orang. Mereka juga sering berganti personel, namun beberapa masih bertahan. Salah satunya sang bassist, Flea.

Gaya permainan bass Flea sangat berkarakter dan membuat sosoknya cukup diperhitungkan. Ya, memang ia dikenal sebagai bassist serba bisa dan penuh kreativitas.

Namun bila diperhatikan lebih jeli, skill Flea berakar pada dua jenis genre musik, yakni funk dan punk. Anda bisa mendengar sisi funk Flea ketika sedang melakukan teknik slapping, yang pertama kali diciptakan oleh Larry Graham dari Sly and The Family Stone.

Sejak awal bermain musik hingga bergabung ke Red Hot Chili Peppers, ia masih menggunakan teknik ini. Coba saja dengarkan salah satu lagu yang berjudul Dark Necessity.

Walau sebagian besar bassist menerapkan teknik slapping, cara Flea sedikit berbeda. Ia memadukan pengaruh musik funk dan karakter punk. Hasilnya adalah suara bass yang cenderung cepat dan agresif, seperti di lagu Higher Ground dan Nobody Weird Like Me.

Sementara di album bertajuk Blood Sugar Sex Magik, karakter lain dari suara bass Flea juga terdengar tajam. Boleh dibilang, ia sangat fleksibel dengan musik. Sebab ia dapat berperan sebagai duet bagi alunan gitar John Frusciante di album tersebut.

Sinkronisasi antara dentuman bass Flea, rythm Fruisciante dan vokal Anthony Kiddies begitu memukau. Anda bisa mendengarnya di lagu Mellow Ship Slinky in B Major.

Lantas apakah Flea hanya mampu memainkan musik dengan tempo cepat? Of course not. Ia bermain apik di lagu bernuansa slow seperti Californication.

Ketukan drum Chad Smith tak boleh ditepikan. Karena itulah aspek penting yang mendukung kualitas permainan Flea, dan lagu Aeroplane adalah buktinya. Pattern pukulan snare drum Chad konsisten setelah teknik slapping Flea, sehingga lagu ini disukai penggemarnya.

Bukti kuat yang semakin menegaskan bahwa ia merupakan talenta murni di dunia musik, teknik bermain bass-nya di Around the World dan Humpty Bump. Inovatif dan penuh energi, sesuai dengan aksinya di atas panggung yang senantiasa menarik perhatian audience. [GP]

SHARE