Jempol Lelah? Saatnya Balas WhatsApp Tanpa Ngetik - Male Indonesia
Jempol Lelah? Saatnya Balas WhatsApp Tanpa Ngetik
MALE ID | Digital Life

Aplikasi chat WhatsApp merupakan aplikasi mobile terpopuler dengan pengguna terbanyak di tanah air. Hal tersebut merupakan hasil dari penelitian comScore pada tanggal 29 Maret 2017.

WhatsApp  - male IndonesiaPhoto by LinkedIn Sales Navigator on Unsplash

WhatsApp pun merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan, setelah Facebook dan LINE. Hal ini terlihat dari rata-rata waktu yang dihabiskan oleh para pengguna di dalam aplikasi tersebut, yaitu sekitar delapan jam dalam sebulan.

Mungkin pengguna akan semakin bertambah ketika para pengguna tidak usah lagi mengetik pesan mereka secara manual. Karena kini, Anda bisa mengetik atau membalas chatting WhatsApp tanpa harus mengetik. Bagaimana cara melakukannya?

Cara praktis ini bukan datang dari WhatsApp, melainkan dari Google. Di mana memanfaatkan fitur Asisten Google dengan bahasa Indonesia. Sebelum menggunakan fitur Google tersebut, pastikan Google App Anda telah ter-update ke versi baru, koneksi internet Anda stabil, tak ada suara yang terlalu bising/noise di sekitar Anda dan setting bahasa smartphone ke Bahasa Indonesia.

Bila syarat tersebut telah terpenuhi, maka pengguna yang telah memiliki aplikasi WhatsApp di ponsel Android bisa memulai langkah berikutnya. 

Mula-mula, tekan tombol home yang lama sehingga Anda mengakses Asisten Google. Setelah muncul pertanyaan "Hai, ada yang bisa saya bantu?" oleh Asisten Google dan atau muncul titik-titik di bagian bawah layar yang bergerak bergelombang, maka Anda bisa mulai mengucapkan WhatsApp disertai nama kontak teman Anda.

Setelah Asisten Google mengenali suara Anda dan memberikan tampilan hasil dari ucapan Anda, lalu Asisten Google mungkin bertanya kembali apa isi pesan Anda. Ucapkanlah pesan yang ingin Anda sampaikan.

Kemudian, Asisten Google akan bertanya apakah Anda ingin mengirim pesan itu, mengubahnya atau membatalkan pesan. Bila pesan itu ingin dikirim, maka ucapkan Ya atau Kirim, Asisten Google mampu merespon jawaban Anda. Setelah itu, Periksa WhatsApp dan Anda bisa temukan pesan tersebut telah terkirim kepada teman Anda.

Nah, bagaimana menurut Anda? Cukup terbantu, bukan? Apalagi ketika Anda merasa lelah setelah aktivitas seharian dan pesan WhatsApp begitu banyak yang masuk. Selamat mencoba. *** (SS)

SHARE