Ide Gila Bos Amazon untuk Memperluas Industrinya | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ide Gila Bos Amazon untuk Memperluas Industrinya
Gading Perkasa | Digital Life

Ada-ada saja rencana yang dilontarkan oleh petinggi Amazon, Jeff Bezos. Ia punya ide yang terdengar gila untuk memperluas industrinya. Apakah itu?

Steve Jurvetson/flickr

Dinobatkan sebagai salah satu manusia terkaya sejagat, Jeff Bezos berencana membangun pusat industri di bulan, satelit alami planet bumi. Pastinya, ia tidaklah bergerak seorang diri.

Sebagaimana dilansir dari Tech Crunch, Blue Origin --perusahaan Bezos di bidang antariksa dan penerbangan akan menggandeng Badan Antariksa Amerika (NASA) dan Agensi Antariksa Eropa (ESA).

“Ini rencana jangka panjang, yang pasti bukan dalam waktu dekat. Barangkali beberapa dekade mendatang,” kata Jeff Bezos di konferensi Space Development di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu, 31 Mei 2018 lalu.

Lebih lanjut menurut Bezos, memindahkan industri miliknya, terutama dalam skala besar di bulan akan mampu menghemat sumber daya alam di bumi.

Hanya saja, demi mewujudkan rencananya tersebut, ada banyak hal yang harus disiapkan. Contohnya, mineral dan sumber daya yang tidak terdapat di bulan, atau teknologi solar.

Sebelum ide gila ini tercetus, ia sudah mengajukan kerja sama dengan NASA supaya bisa melakukan eksplorasi untuk menguji kemungkinan pembangunan pusat industri di bulan.

Bezos menaruh harapan bahwa nantinya koloni dan industri yang dibangun di bulan bakal menjadi milik seluruh umat manusia. Ia juga optimis, banyak negara mau berkontribusi dalam program koloni bulan itu.

Perusahaan Blue Origin, hingga kini masih berjalan mengandalkan dana operasional dari kantungnya sendiri tanpa dukungan dari pihak luar.

Dengan kekayaan mencapai 133,2 miliar USD atau setara 1.534 triliun rupiah, ia sangat ambisius perihal eksplorasi antariksa dan berencana terus melakukan pengembangan sampai tidak ada lagi dana tersisa atau datang suntikan investasi yang cukup guna melanjutkan niatnya.

Sejatinya bukan hanya Bezos yang berambisi memanfaatkan antariksa sebagai kehidupan manusia di masa mendatang. Sebelumnya, Elon Musk telah punya rencana serupa.

Ia (Musk-red.) berencana mengirim ratusan orang untuk menetap di planet Mars. Setelah tiba di planet merah tersebut, ia ingin orang-orang tinggal di kota-kota fungsional yang dilengkapi dengan segala sesuatunya, mulai dari pabrik hingga restoran pizza.

Mungkinkah niat dua orang tersohor di jagat teknologi itu terwujud di kemudian hari? Akankah kita bisa menyaksikannya? We will see. [GP]

SHARE