Ada Masalah Baru Ditemukan di Google Search | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ada Masalah Baru Ditemukan di Google Search
Gading Perkasa | Digital Life

Salah seorang pengguna mesin pencarian Google, Google Search dikejutkan dengan penemuan bug pada aplikasi. Temuan ini pertama kali dilaporkan oleh pengguna Reddit, Krizastro.

google search - Male Indonesiapixabay.com

Ketika mengetikkan ‘the1975..com’ di kolom Google Search (aplikasi mobile), ia justru memperoleh hasil berupa isi pesan singkat (SMS) terakhir yang ada di ponselnya.

Krizastro yang menggunakan ponsel Android Pixel 2 XL, awalnya ingin mencari situs band beraliran rock asal Inggris, the 1975.

Akibat salah ketik dimana muncul dua titik sebelum domain, ia mendapatkan hasil yang tidak sesuai dugaannya.

Tapi, bug baru tersebut ternyata juga ditemui oleh pengguna ponsel Android lainnya. Sejumlah pengguna ponsel OnePlus, Samsung, LG, Motorola, dan Huawei mengalami masalah serupa.

Perbedaannya, pengguna menemukan bug setelah mengetikkan kata-kata seperti ‘zela viagens’, ‘izela viagens’, ‘vizel viagens’ hingga kombinasi dari karakter serupa yakni ‘the1975.#com’. Alih-alih memperoleh hasil pencarian, pengguna malah melihat isi SMS di ponselnya.

Selain mengetik teks di aplikasi Google Search, bug muncul saat pengguna sedang melakukan pencarian dengan perintah suara di Google Assistant.

Mengutip BGR, bug tidak hanya ditemukan di perangkat Android, melainkan juga pada perangkat iPhone. Namun bug tidak membaca isi SMS pada ponsel.

Beruntung hal itu tidak muncul ketika pengguna mencari melalui mesin peramban, termasuk Chrome. Google memastikan akan segera memperbaiki cacat pada aplikasi pencariannya tersebut.

Pihak Google memberi penjelasan terkait bug ‘1975..com’ di aplikasi pencarian di ponsel Android dan iPhone. Mereka mengatakan, bug muncul lantaran ada kesalahan saat menerjemahkan perintah pengguna sehingga mengarahkannya ke fitur lain.

“Kami mengetahui ada bug yang salah saat menafsirkan frasa tertentu sebagai permintaan untuk menampilkan pesan teks terbaru,” kata perwakilan Google, seperti dilansir Cnet.

Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini berjanji segera memperbaiki bug dan merilisnya ke pengguna dalam waktu dekat. “Perbaikan akan diterapkan dan diluncurkan tidak lama lagi,” katanya lagi.

Google menyebut, aplikasi pencarian miliknya memang bisa mengakses pesan teks (SMS) di ponsel pengguna. Dengan catatan, pengguna telah memberikan izin bagi Google Search untuk mengaksesnya.

Supaya SMS tidak lagi diakses oleh aplikasi pencarian, pengguna dapat mengubahnya lewat pengaturan aplikasi Google Search. [GP]

SHARE