Stop Minum Sambil Berdiri, Ini Akibat Buruknya | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Stop Minum Sambil Berdiri, Ini Akibat Buruknya
Gading Perkasa | Sex & Health

Kebiasaan minum sambil berdiri seolah dianggap wajar bagi kebanyakan orang. Apakah Anda juga melakukannya? Bila benar adanya, alangkah baiknya Anda segera menghentikan kebiasaan tersebut.

minum sambil berdiri - male IndonesiaPhoto by Lea Böhland on Unsplash

Hal ini bukan tanpa alasan. Faktanya, kebiasaan minum sambil berdiri (apapun jenis air yang diminum) bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Minum air sembari berdiri menyentuh bagian esofagus (kerongkongan), yang pada akhirnya melukai sfingter (kumpulan serabut otot, bekerja untuk menutup jalur atau pembukaan ilmiah pada tubuh) dan mengakibatkan kerusakan.

Alhasil, itu akan mengarah ke kondisi medis yang disebut gastro esophageal reflux disease (GERD). Nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada karena naiknya asam lambung menuju esofagus.

Masih banyak akibat yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan minum sambil berdiri, sebagaimana dilansir Boldsky:

Arthritis
Salah satu kerusakan paling umum yang disebabkan oleh minum air dalam posisi salah adalah radang sendi.

Ketika Anda minum air sembari berdiri, maka cenderung mengganggu keseimbangan cairan lain di dalam tubuh dan menyebabkan kekurangan cairan yang dibutuhkan sendi. Terlalu banyak akumulasi cairan di sendi bisa memicu arthritis.

Tingkat asam yang dicairkan
Air sangat membantu menurunkan tingkat asam di dalam tubuh. Asupan air disarankan diminum perlahan-lahan dengan posisi duduk. Karena tingkat asam dikombinasikan bersama jumlah air yang sesuai. Jika posisi Anda berdiri sewaktu minum, tingkat asam sulit turun.

Saraf tidak tenang
Minum air sambil duduk, sistem parasimpatis bekerja optimal yang pada dasarnya memungkinkan indera manusia menjadi tenang dan sistem pencernaan lancar.

Sedangkan minum sembari berdiri akan menempatkan tubuh ke dalam mode siap siaga yang menyebabkan ketegangan saraf.

Gangguan pencernaan
Otot dan sistem saraf orang yang minum air di posisi duduk biasanya lebih rileks dibandingkan berdiri. Hal ini membuat sistem saraf cepat memberikan pesan ke tubuh untuk mencerna air dengan makanan lain yang sudah masuk.

Kerusakan ginjal

Ginjal akan sulit menyaring air saat seseorang minum dalam posisi berdiri. Sebab, produk limbah kemudian masuk ke kandung kemih dan tercampur darah. Buntutnya, kerusakan ginjal. [GP]

 

SHARE