Wow! Daun Katuk Juga Bermanfaat untuk Pria | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Wow! Daun Katuk Juga Bermanfaat untuk Pria
Gading Perkasa | Sex & Health

Daun katuk cukup banyak dijumpai di daratan Asia. Memiliki nama latin sauropus androgynus l.merr, tanaman yang diambil daunnya ini umumnya digunakan sebagai bahan masakan.

daun katuk - Male Indonesiapixabay.com

Walau demikian, dengan namanya yang lebih dikenal dan dikonsumsi oleh wanita. Daun katuk rupanya punya segudang manfaat untuk kaum adam. Benarkah?

Tentu saja MALEnials. Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam manfaat yang bisa Anda peroleh dari daun katuk.

Mencegah Diabetes
Sebuah riset yang diberi judul Sauropus Androgynus (L.) Merr Induced Bronchiolitis Obliterans: From Botanical Studies to Toxicology menyebutkan bahwa daun katuk sangat bermanfaat sebagai anti-diabetes.

Daun ini berpengaruh terhadap kadar gula darah manusia. Sebuah eksperimen menunjukkan, pasien diabetes yang mengonsumsi katuk punya indeks glikemik lebih rendah daripada tidak mengonsumsi sama sekali. Dinilai, daun tersebut cukup menjanjikan mengendalikan diabetes.

Mengobati Luka
Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Natural Remedies menyebut, daun katuk dapat mengobati luka pada permukaan kulit. Dilansir dari NCBI, sebuah tes dilakukan dengan lima persen ekstrak daun pada luka, baik tikus jantan maupun betina. Ekstrak katuk meningkatkan kontraksi, menutup bahkan menguatkan penutup luka.

Antioksidan
Katuk memiliki zat yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Food Chemistry menemukan, kandungan zat anti-oksidan dari daun katuk termasuk paling tinggi di antara beberapa sayuran.

Di samping itu juga ada kandungan polifenol, ion, senyawa untuk memerangi radikal bebas serta masih banyak lagi.

Memerangi Virus Flu
Dalam 100 gram daun katuk, terdapat beragam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin C yang kaya yakni sekitar 244-314,3 mg mampu memerangi infeksi virus, termasuk virus flu.

Daun ini juga mengandung kalsium sebanyak 84,4-711 mg per 100 gram sajian. Kalsium berfungsi membantu menjaga kesehatan tulang termasuk menjauhkan diri dari risiko osteoporosis.

Anti-Inflamasi
Fungsi berikutnya, sebagai anti-inflamasi atau peradangan. Studi melibatkan tikus yang menderita pembengkakan. Efek etanol dan ekstrak pada daun terbukti memiliki efek anti-inflamasi lebih baik.

Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sperma
Inilah manfaat yang paling didambakan setiap pria. Para ahli menganjurkan bahkan merekomendasikan agar pria mengonsumsi daun katuk. Pasalnya, itu bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. [GP]

SHARE