Tips Jitu Meninggalkan Rumah Tanpa Rasa Khawatir | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tips Jitu Meninggalkan Rumah Tanpa Rasa Khawatir
Sopan Sopian | Relax

Mudik atau pulang kampung identik dengan libur panjang. Mudik juga sudah menjadi tradisi yang terus dilakukan secara turun temurun setiap tahunnya. Saat pulang ke kampung halaman, tentu saja seseorang akan meninggalkan rumahnya di kota sampai ia kembali lagi. 

Mudik  - Male IndonesiaPhoto by Mantas Hesthaven on Unsplash

Sayangnya, momen mudik lebaran ini justru sering dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan pencurian di rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh para pemudik. Lalu bagaimana cara meninggalkan rumah dengan bijak saat berlibur atau mudik lebaran?

Biarkan Sandal dan Sepatu di Depan Rumah
Untuk mengecoh pencuri yang hendak membobol rumah kosong yang ditinggalkan mudik lebaran atau libur panjang, sebaiknya membiarkan sandal dan sepatu tetap berada di halaman rumah. Hal tersebut bertujuan agar si pencuri mengira bahwa ada orang di dalam rumah sehingga membuatnya ragu untuk melakukan aksi kejahatannya.

Biarkan Lampu Menyala
Meninggalkan rumah saat mudik lebaran atau libur panjang bukan berarti membiarkan rumah dalam keadaan gelap gulita. Anda bisa menyalakan lampu teras dan halaman rumah sebelum meninggalkan rumah untuk mudik lebaran atau libur panjang dalam beberapa hari. Lampu teras dan halaman rumah yang dinyalakan juga dapat memudahkan tetangga dan pihak keamanan lebih mudah mengawasi rumah Anda di malam hari.

Amankan Barang Berharga
Jika Anda memiliki benda yang cukup berharga seperti surat-surat tanah, koleksi emas atau perhiasan, serta uang tunai di dalam rumah, pastikan semua benda itu tersimpan dalam tempt paling aman. Jika perlu, milikilah brankas yang dipasang kode pengaman agar semua benda berharga punya tempat yang aman. Sembunyikan sebaik yang Anda bisa, di tempat yang tidak akan diduga oleh orang lain.

Cabut Semua Aliran Listrik dan Tabung Gas
Tips ini cukup penting karena hal ini barangkali bukan memicu adanya pencuri tetapi tetap membahayakan keamanan rumah Anda. Sudah sering terjadi kebakaran akibat hubungan arus pendek dan meledaknya tabung gas secara tidak sengaja. Lebih baik mencegah, bukan? Lagipula, mencabut listrik dapat menghemat pengeluaran listrik selama Anda tidak di rumah.

Pastikan Semua Pintu dan Jendela Terkunci
Ini adalah hal paling penting yang harus diperhatikan ketika hendak bepergian. Bukan hanya pintu-pintu yang harus dikunci, kadang jendela lupa untuk ditutup. Beberapa orang beralasan agar udara di dalam rumah dapat tetap berganti. Hati-hati! Sekecil apa pun celah jendela yang Anda buka, itu dapat memancing pencuri masuk ke dalam. Pastikan semua pintu dan jendela telah terkunci, dan gembok pagar apabila perlu.

Beritahu Tetangga, RT dan RW
Jika tetangga Anda tidak pergi mudik, beritahu soal kepergian Anda. Selain untuk mempererat silaturahmi, tetangga adalah orang terdekat yang dapat Anda percaya untuk menjaga rumah. Selain itu, untuk lebih menjaga keamanan rumah, Anda juga perlu melapor kepada RT dan RW setempat jika melakukan mudik atau ingin meninggalkan rumah dalam jangka waktu panjang. 

Hal itu supaya pemimpin lingkungan Anda berada dapat menjaga rumah dan memberitahukan situasi yang berkembang selama ditinggal mudik. Selain RT dan RW setempat, koordinasi dengan penjaga keamanan atau satpam di lingkungan Anda pun perlu dilakukan. Hal itu untuk membantu mereka lebih ketat dalam memberikan penjagaan dan pengawasan.

Jangan Update Status atau Unggah Foto di Media Sosial 
Mengunggah foto-foto yang luar biasa saat liburan atau mudik Anda di Facebook, Twitter, Path, dan Instagram pastilah sangat menggoda. Namun, Anda disarankan untuk melakukkannya setelah sampai di rumah. Hal ini untuk meminimalisasi kemungkinan pencuri memantau media sosial untuk mencari tahu di mana Anda berada.** (SS)


 

SHARE