Cara Cerdas Tidak Tertipu Saat Melamar Kerja Online - Male Indonesia
Cara Cerdas Tidak Tertipu Saat Melamar Kerja Online
MALE ID | Digital Life

Teknologi yang semakin berkembang telah mengubah kehidupan manusia di berbagai aspek, salah satunya cara melamar kerja cerdas via internet. Sebelum arus komunikasi sederas sekarang, pertukaran informasi manusia masih mengandalkan cara-cara konvensional.

melamar kerja cerdas

rawpixel.com

Dahulu, proses melamar pekerjaan tidak semudah seperti saat ini. Dimana langkah pertama yang orang lakukan adalah membeli surat kabar di agen. Setelah itu barulah mereka mencari lowongan kerja yang tercantum, menyiapkan curriculum vitae beserta application letter untuk dikirim melalui pos.

Eksistensi dunia internet saat ini memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya dalam mencari pekerjaan. Kemudahan ini pula yang kerap disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Contohnya dengan memberikan lowongan kerja palsu kepada calon korbannya agar mereka berhasil meraup keuntungan besar.

Berdasarkan penjelasan di atas, disarankan anda mengikuti langkah-langkah ini dalam melamar kerja cerdas via internet supaya tidak diperdaya para penipu. Yaitu:

Gunakan situs yang terpercaya
Pastikan anda memperoleh informasi dari situs resmi milik perusahaan serta situs penyedia lowongan kerja yang sudah punya reputasi baik, dapat dipercaya dan lain-lain. Bila anda mendapatkan informasi pekerjaan melalui pesan broadcast, anda bisa melakukan pengecekan langsung kepada perusahaan terkait.

Membaca informasi dengan teliti
Jangan lupa untuk membaca informasi berupa judul, posisi dan kualifikasi lowongan pekerjaan dengan teliti. Banyak kasus dimana para pelamar tidak memerhatikan informasi pekerjaan ini dan asal mengirimkan lamaran sehingga mereka tidak memenuhi kualifikasi yang diinginkan perusahaan.

Menginvestigasi perusahaan
Investigasi yang dimaksud disini adalah menggali informasi berupa latar belakang perusahaan pilihan anda dari internet. Antara lain jenis industri yang dijalankan, produk yang ditawarkan serta pencapaian yang telah diperoleh perusahaan. Anda juga bisa mengonfirmasi kerabat anda yang pernah bekerja disana terkait pengalaman mereka selama bekerja di perusahaan tersebut.

Melengkapi isi formulir
Formulir yang diberikan kepada pelamar kerja berisi data diri yang harus dicantumkan pelamar, dan beberapa pertanyaan terkait pekerjaan yang akan dilamar. Sebaiknya anda mengisi formulir tersebut dengan lengkap. Kelengkapan informasi mempermudah perusahaan dalam menilai kelayakan anda untuk bergabung.

Memeriksa ulang curriculum vitae dan application letter
Anda dapat mengirimkan CV dan application letter anda melalui e-mail. Sebelum dokumen tersebut dikirimkan ke alat e-mailperusahaan yang dituju, mohon diperiksa lagi dokumen anda apakah ada salah ketik atau tata bahasa yang kurang tepat.

Tetap berhati-hati dalam melamar pekerjaan via internet, dan jangan sampai tertipu oleh perusahaan yang meminta uang dengan imbalan anda akan segera diterima bekerja di sana. Karena apabila kita melamar pekerjaan, artinya kita perlu mendapatkan uang. Bukan membuang uang demi hal yang belum pasti.**GP

SHARE