Ini Saatnya Anda Mulai Memiliki Setelan Jas baru | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ini Saatnya Anda Mulai Memiliki Setelan Jas baru
Sopan Sopian | Looks

Pandangan orang lain tentang diri Anda dipengaruhi juga oleh apa yang Anda kenakan, dalam hal ini Jas Pria. Karena meskipun bukan merupakan peraturan tertulis, namun etiket berhusana tetap diterapkan sebuah aturan. Setidaknya terdapat norma sosial dan ekspetasi terhadap cara berpakaian.

Photo by Jose Ros Photo on Unsplash

Jika Anda pernah membaca kisah Sherlock Holmes, Anda pasti akan terkejut ketika mengetahui bahwa pakaian yang Anda kenakan memberikan kesan tertentu pada orang yang Anda temui. Dan bila Anda tidak sedang menebak profesi seseorang dari Model Jas Pria-nya, lengan kemeja-nya  atau sepatu-nya (seperti yang bisa dilakukan oleh Sherlock Holmes), Busana Anda/Jas Pria Anda pastilah menampilkan banyak informasi tentang diri Anda.

Untuk itu, maka tidak mungkin Anda akan terus memgenakan jas lama Anda yang sudah tampak lusuh dan buruk. Kembalilah ke lemari Anda dan kenakan jas Anda di depan kaca. Apakah jas Anda sudah usang yang justru akan memperburuk citra Anda? atau Anda belum menyadarinya? Jika belum memiliki jawabannya, berikut ada beberapa alasan mengapa Anda harus mencari jas baru dan meninggalkan jas lama Anda.

Terlalu Besar atau Kecil 
Kancing jas yang Anda gunakan tidak boleh saling tarik-menarik ketika Anda kancingkan. Namun, bukan juga berarti Anda bisa menggunakan yang ukurannya terlalu besar. Pilihlah yang ukurannya pas dengan badan. Yang penting, Anda masih bisa menyelipkan tangan ke balik jas Anda.

Bahu Terlalu Lebar 
Shoulder pads atau busa bahu pada pakaian Anda seharusnya mampu "memeluk" bahu, dan ujungnya tepat berada di ujung bahu. Jarak bahu jas yang terlalu lebar akan membuat Anda tampak aneh dan seperti memakai baju gombrong tahun 1940an.

Ada Jarak antar Kerah 
Jas Anda harus pas ukurannya termasuk di bagian leher. Jarak antar kerah juga tak boleh terlalu jauh. Jika terlalu jauh, maka Anda akan terlihat seperti anak kecil yang menggunakan jas ayahnya.

Lengan yang Terlalu Panjang 
Ujung lengan jas Anda harus berhenti tepat di atas pergelangan tangan dan kemeja dalam jas ANda harus sedikit lebih panjang. Aturan ini sudah umum bagi para pria yang ingin mengenakan jas. Jika Anda memiliki jas yang memiliki lengan terlalu panjang. Berarti Anda harus menggenakan jas baru.

Menggunakan Celana Seperti Mengenakan Jeans 
Celana pada setelan jas Anda bukanlah jeans. Jangan menggunakannya seperti Anda menggunakan jeans, misalnya dengan potongan di pinggul atau low waist. Celana tersebut harus tersandar di atas tulang pinggul atau sedikit lebih ke atas dan harus pas meski tanpa ikat pinggang. Pastikan bagian bokong celana tersebut juga tak terlalu ketat atau terlalu longgar. ** (SS)

SHARE